BINJAI – RENTAKNEWS : Ketua DPD Pemuda Tani Indonesia (PTI) Sumut Muhamad Fadli Abdina, SP, MSi melantik DPC PTI Kota Binjai bertempat di Army Cafe Jl. Soekarno Hatta KM 19 Kelurahan Dataran Tinggi Kecamatan Binjai Timur, Minggu (10/11/2019). Hadir dalam acara itu Anggota Komisi X DPR RI Prof. Dr. Ir. Djohar Arifin Husein selaku Dewan Pakar PTI Sumut.

Dalam sambutannya, Fadli mengatakan organisasi Pemuda Tani Indonesia akan selalu mengkritisi kebijakan pemerintah dalam bidang pertanian, perikanan dan kelautan. Kita tidak ingin masyarakat petani dan nelayan hanya dijadikan objek tapi harus dijadikan subjek sehingga masyarakat petani dan nelayan breperan aktif dalam pembangunan pertanian.

“Kita tidak ingin lagi cerita teori tapi kita akan berikan solusi untuk masalah-masalah pertanian di daerah ini. Untuk itu, jika kita ingin mengkritisi kinerja pemerintahan, kita juga harus  mampu mencari poin-poin solusinya,” ungkapnya.

Menurut Fadli, salah satu cara mengurai masalah-masalah pertanian agar pertanian kita maju adalah dengan memberdayakan para penyuluh pertanian. “Para petani harus didampingi para penyuluh pertanian yang memang mempunyai kemampuan menjawab masalah-masalah pertanian yang dihadapi petani. Penyuluh pertanian harus bisa mendorong petani untuk maju,” kata staf pengajar di Fakultas Pertanian UMA ini.

Untuk itu, kepada Pengurus DPC Pemuda Tani Kota Binjai, Fadli meminta agar bisa menjembatani dan mengadvokasi petani jika menghadapi masalah. DPC PTI Kota Binjai harus turun ke desa dan berinteraksi langsung dengan petani,” tegasnya. Fadli juga mengapresiasi kemenangan seorang petani asal Binjai dalam perlombaan Tanaman Hidroponik. Dia berharap ilmu menekuni tanaman hidroponik tersebut,  dapat ditularkan pada petani lainnya.

Pelantikan DPC Pemuda Tani Indonesia Kota Binjai ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan penyerahan pataka PTI dari DPD PTI Sumut kepada DPC PTI Kota Binjai diakhiri dengan pengucapan sumpah oleh seluruh pengurus DPC PTI Kota Binjai. DPC Pemuda Tani Indonesia Kota Binjai Periode 2019-2024 yang dilantik terdiri dari Agus Purwanto S.Pd M.Kesos (Ketua), dan Eka Putradyn Kj Sitepu dan Edi Sahputra (masing-masing sebagai Wakil Ketua).

Kegiatan pelantikan ini dirangkaikan dengan kegiatan Dialog Publik bertema “Agribisnis Pertanian, Menjawab Tantangan Global Menciptakan Peluang Bagi Petani Milenial Yang Berdaya Saing di Kota Binjai”. Tampil sebagai narasumber Anggota DPR RI Prof. Dr. Ir. Djohar Arifin Husein dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemko Binjai Ir. Agustawan Karnajaya.

Dalam paparannya, Djohar Arifin Husein mengatakan Sumatera Utara adalah surganya tanaman rempah. “Indonesia adalah surga pertanian dan Sumatera Utara adalah surganya tanaman rempah,” katanya.

Prof. Dr. Ir. Djohar Arifin Husein

Menurut Dewan Pakar PTI Sumut ini, kondisi sebagai surga tanaman rempah ini seharusnya bisa dimaksimalkan oleh masyarakat petani di Sumatera Utara dalam upaya meningkatkan penghasilan mereka. Tanaman rempah sangat gampang tumbuhnya dan tidak perlu perawatan yang jelimet. Contohnya Serai Wangi. Tanaman ini bisa tumbuh disembarang tempat dan bisa dipanen dalam waktu singkat hanya sekitar lima bulan.

“Selain bernilai ekonomis lumayan tanaman ini juga bermanfaat sebagai obat anti nyamuk,” kata putra kelahiran Tanjungpura yang duduk di Komisi X DPR RI ini.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Binjai Ir. Agustawan Karnajaya mengharapkan DPC Pemuda Tani Indonesia Kota Binjai, selalu berkoordinasi dan berkomukikasi dengan pemerintah untuk memajukan pertanian di Kota Rambutan ini. “Pertanian kitasaat ini sangat jarang disentuh oleh pemuda. Untuk itu, dengan terbentuknya kepengurusan ini, saya berharap pertanian kita hidup kembali sehingga bisa mengangkat kembali marwah petani. Pemerintah Kota Binjai siap bersinergi dengan DPC Pemuda Tani Indonesia,” kata Agus lagi. (*)

Reporter:

M Hafiz

Editor:

HAR St. R. Alam

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here