MEDAN – RENTAKNEWS : Direktur Utama Perusahaan Daerah Pasar Kota Medan Drs. Rusdi Sinuraya, Rabu sore (13/11/2019) mendaftar sebagai bakal calon Wakil Walikota Medan yang akan maju pada Pilkada Kota Medan tahun 2020 mendatang. Diantar ratusan  pedagang dari berbagai asosiasi yang tergabung dalam Persatuan Pedagang Bersatu (PEDAS), Rusdi diterima Ketua DPC Partai Gerindra Kota Medan Bobby Zulkarnaen.

IKLAN

Usai mendaftar, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Medan, Bobby Zulkarnaen mengatakan, kedatangan Rusdi Sinuraya yang diantar ratusan pendukungnya itu menjadi bukti bahwa Rusdi Sinuraya memiliki komitmen yang kuat untuk maju sebagai calon Wakil Walikota pada Pilkada 2020 mendatang.

“Ini saya lihat tidak main-main. Luar biasa ramainya pendukung yang ikut mengantar pengembalian formulir pendaftaran Bang Rusdi. Ini jadi bukti bahwa Bang Rusdi memiliki komitmen yang kuat untuk maju menjadi calon wakil walikota. Jika tidak ada komitmen kuat, nggak mungkin begini ramai pendukungnya,” ujar Bobby.

Untuk itu Bobby mengingatkan para pendukung untuk bekerja keras mensosialisasikan calonnya ke masyarakat. Namun, ujarnya lagi, setiap calon harus mendapat restu dari Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Selain Persatuan Pedagang Bersatu (PEDAS), ikut mengantarkan Rusdi adalah Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (SPTI), Pemuda Merga Silima (PMS) dan elemen masyarakat lainnya.

Dalam kesempatan itu Rusdi didampingi Ketua PEDAS Guntur Limbong, Ketua SPSI Martin Marbun Ketua Harian Pemuda Merga Silima Alexander Sitepu, Ketua SPTI Rukun Sembiring  dan sejumlah tokoh elemen masyarakat lainnya yang berjumlah sekitar 400-an orang. Mereka mewakili 15.000 pedagang di seluruh pasar tradisional Kota Medan, sekitar 200.000 anggota PMS,  ribuan keluarga besar anggota SPSI dan elemen masyarakat lainnya.

Ketua Pedagang Bersatu (Pedas) Guntur Limbong mengatakan, organisasi yang dipimpinnya merupakan gabungan dari berbagai organisasi pedagang yang ada di 53 pasar di Kota Medan. Mereka berinisiatif untuk mendukung Rusdi Sinuraya, karena telah berbuat banyak sebagai Dirut PD Pasar Kota Medan.

Guntur mengakui, ia sudah beberapa kali menemui Rusdi Sinuraya untuk meminta kesediaannya mencalonkan diri pada Pilkada Kota Medan 2020. Awalnya, Rusdi menolak dengan alasan ingin fokus menjalankan tugas memajukan pasar tradisional di Medan.

Akhirnya Guntur mengajak seluruh organisasi pedagang untuk mengambil formulir pendaftaran ke DPC Partai Gerindra, untuk Rusdi Sinuraya. “Akhirnya pak Rusdi pun bersedia setelah melihat keinginan para pedagang yang begitu kuat untuk mengusungnya menjadi calon pemimpin di Medan,” ujar Guntur.

Wakil Ketua Harian Pemuda Merga Silima Alexander Sitepu mengatakan hal yang sama, sekitar 200 ribu etnis Karo yang ada di Medan akan solid untuk mendukung Rusdi Sinuraya. “Kami bertekad untuk mendudukkan putra Karo menjadi pemimpin di Medan,” ujarnya.

Sementara itu, Rusdi Sinuraya mengatakan, sebagai putra daerah terpanggil untuk membangun Kota Medan. Terlebih selama beberapa tahun terakhir, tidak ada lagi yang patut dibanggakan warga Kota Medan. Terlalu banyak persoalan yang melilit Kota Medan. Jika dulu Medan sebagai kota tiga besar, kini menjadi kota 17 besar di Indonesia.

Diakui Rusdi, awalnya dia menolak untuk dicalonkan. Namun karena desakan kuat dari para pedagang akhirnya Rusdi pun tak mampu menolak. “Desakan para pedagang inilah yang membuat saya akhirnya menetapkan hati dan semangat untuk mencalonkan diri. Tentu para pedagang melihat saya memiliki kemampuan untuk memimpin Kota Medan,” ujarnya.

Jika terpilih, ujar Rusdi, dia akan menjadi pemimpin bagi masyarakat. Artinya, pemimpin yang mengutamakan kepentingan masyarakat bawah, bukan pemimpin yang tersandera oleh kepentingan orang-orang atas. (*)

Reporter:

Nasib Ts

Editor:

HAR St. R Alam

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here