1 Desember 2021

Anggota DPD RI Muhammad Nuh Minta BPKP Sumut Ketat Awasi Dana Desa

MEDAN – RENTAKNEWS : Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Sumut H. Muhammad Nuh, MSP meminta Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumut mengawasi dengan ketat penggunaan dana desa di daerah ini. Wilayah Sumut cukup luas yang terdiri dari 33 kabupaten/kota, 444 kecamatan, 693 kelurahan dan 5.417 desa.

“Diperlukan kerja keras untuk mengawasi 5.417 desa di Sumut dan BPKP harus mengawasi pengunaan dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat kepada setiap desa. Untuk itu diperlukan suatu sistem keuangan desa yang handal untuk membantu aparat desa menggunakan dana secara transparan dan akuntabel sehingga dana tersebut bisa dipertanggungjawabkan sesuai peraturan dan perundangan-undangan yang berlaku,” kata Muhammad Nuh ketika memberikan sambutan pada pertemuan Komite IV DPD RI dengan jajaran BPKP Perwakilan Sumatera Utara, Senin (25/11/2019)  di Kantor BPKP Perwakilan Sumut jalan Gatot Subroto Medan.

Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan  Pembangunan dan Tata Kelola Pemerintah Desa Djoko Prihandono menerangkan pihaknya juga telah menyiapkan aplikasi SISKEUDES (Sistim Keuangan Desa) untuk memperluas tata kelola keuangan desa.

Komisi IV DPD RI yang diketuai Elviana saat ini tengah berkeliling Indonesia untuk menampung aspirasi masyarakat dan sistem pengawasannya oleh BPKP. Dalam kesempatan itu Elviana mengatakan dana desa yang dikucurkan pemerintah itu cukup besar dan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kemajuan desa. Oleh karena itu pengawasannya harus jelas dan terukur apalagi total desa di Indonesia berjumlah 70.598 desa.

“Kunjungan ini adalah dalam menyerap aspirasi masyarakat yang akan kita jadikan modal bagi penyusunan APBN 2020 dan 2021,” kata Elviana lagi. Setelah Sumatera Utara Komite IV DPD RI akan melanjutkan kunjungannya ke Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala BPKP Perwakilan Sumut, Yono Andi Atmoko berharap agar pengelolaan dana desa dapat berjalan dengan baik. Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat  dan Desa (PMD) Provinsi Sumatera Utara Aspan Sofian, para Kepala Desa kabupaten/kota se-Sumatera Utara dan undangan lainnya. (*)

Reporter:

Abdul Aziz

Editor:

Harun AR

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram