7 Desember 2021

KADIN Sumut Dorong Penerapan OSS

MEDAN – RENTAKNEWS : Wakil Ketua Umum Bidang Pemberdayaan BUMN dan BUMD KADIN Sumut Ir. H. Heri Batagari Nasution, MPsi mengatakan KADIN Sumut mendorong sepenuhnya penerapan Online Single Submission (OSS) oleh Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Medan. OSS adalah Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik bagi pelaku usaha yang ingin mengurus perizinan usahanya.

Hal itu dikatakan Heri ketika menjadi narasumber pada acara talkshow di Move Radio “The Real Radio Online” Selasa (26/11/2019). Narasumber lain adalah Kepala Dinas DPMPTSP Kota Medan  Ir. Qamarul Fattah.

“OSS berfungsi sebagai jembatan pengusaha dalam mengurus perizinan usahanya dengan cepat dan lancar.  Dengan adanya OSS tentunya masalah perizinan uaha akan semakin tertib dalam pendataan administrasi perusahaan semakin rapi,” kata Heri lagi.

Menurut Heri, selama ini pengusaha berharap perizinan usaha dapat lebih sederhana dan user friendly. Dengan sistem OSS, pengusaha bisa melacak proses perizinannya dan jika ada penolakan, OSS langsung memberikan alasan penolakan secara detail. Dengan demikian pengusaha bisa lebih cepat mengurus perizinannya.

Sementara itu dalam penjelasannya Kepala Dinas PMPTSP Kota Medan Ir. Qamarul Fattah menyatakan siap membantu kalangan dunia usaha ketika pembuatan perizinan OSS. Sistem perizinan OSS ini telah diatur pelaksanaannya dalam PP No. 24 Tahun 2018.

“Jika pendaftaran OSS oleh pelaku usaha telah berhasil maka secara otomatis akan terbit NIB (Nomor Induk Berusaha) yang juga telah diatur dalam PERPRES No. 91 Tahun 2017. Dengan terbitnya NIB pelaku usaha tidak perlu lagi mengurus perizinan seperti Domisili/SKDU, SIUP, TDP dan lainnya, karena semuanya telah terintegrasi. (*)

Reporter:

An Jambak

Editor :

HAR St. R Alam

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram