MEDAN-RENTAKNEWS: Anggota DPD RI asal Sumatera Utara H. Muhammad Nuh memanfaatkan masa resesnya untuk memastikan dana desa tepat sasaran. Dana desa tahun anggaran 2019 ini cukup besar mencapai Rp. 4.4.52.049.366,- dan itu harus dipastikan tepat sasaran sehingga tujuan utama dikucurkannya dana desa tersebut bisa tercapai.

IKLAN
Jadwal reses H Muhammad Nuh.

Muhammad Nuh akan melalakukan reses di Sumut sejak tanggal 13 Desember 2019 hingga tanggal 5 Januari 2019. Direncanakan Muhammad Nuh akan mengunjungi konstituennya di seluruh Sumatera Utara dan akan diprioritaskan daerah pedesaan sehingga dapat memantau langsung penyaluran dana desa tersebut.

“Saya memfokuskan untuk mengunjungi pedesaan di 27 kabupaten di Sumut untuk memastikan dana desa itu disalurkan tepat sasaran,” katanya kepada repoter Rentaknews Abdul Aziz sesaat sebelum menuju ke Siantar dan Simalungun.

Ketika bertemu dengan jajaran Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumut beberapa waktu yang lalu, Muhammad Nuh memang meminta agar penggunaan dana desa diawasi dengan ketat. Disebutkannya ada sekitar 5.417 desa di Sumut yang menerima dana desa senilai  Rp. 4 triliun lebih.

Dana Desa di Sumut

“Diperlukan kerja keras untuk mengawasi 5.417 desa di Sumut dan BPKP harus mengawasi pengunaan dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat kepada setiap desa. Untuk itu diperlukan suatu sistem keuangan desa yang handal untuk membantu aparat desa menggunakan dana secara transparan dan akuntabel sehingga dana tersebut bisa dipertanggungjawabkan sesuai peraturan dan perundangan-undangan yang berlaku,” kata Muhammad Nuh ketika itu. (*)

Reporter:

Abdul Aziz

Editor:

Harun AR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here