JAKARTA – RENTAKNEWS : Anggota DPR RI dari Fraksi PKS Hidayatullah meminta Presiden Joko Widodo segera memecat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudhian Wahyudi yang mengatakan agama sebagai musuh terbesar Pancasila. “Pernyataan dia itu sangat berbahaya dan melukai umat beragama. Sudah sepantasnya Presiden segera memecatnya dengan tidak hormat walaupun baru dilantik,” kata Hidayatullah kepada reporter Rentaknews Abdul Aziz melalui telepon seluler, Rabu (12/02/2020) ketika diminta tanggapannya tentang pernyataan Kepala BPIP itu.

IKLAN

Menurut Hidayatullah, pernyataan itu sangat  berbahaya dan berpotensi mengancam  eksistensi  dan jatidiri bangsa  Indonesia. Ini kan namanya mengkriminalisasi agama dan bahkan memberangus agama. “Kalau agama  dikriminalisasi, diberangus, atau diobok-obok lalu pertanyaannya mau dikemanakan sila pertama  dari Pancasila itu,” kata Hidayatullah bertanya.

Sebagaimana diketahui, Yudhian yang baru saja dilantik Presiden tanggal 5 Februari 2020 lalu sudah mengeluarkan pernyataan yang meresahkan dan membuat heboh umat beragama.Yudhian mengatakan agama adalah musuh terbesar Pancasila. Tak kurang Sekretaris Jenderal MUI Pusat juga meminta Presiden Joko Widodo memecat Yudhian.

Menurut Hidayatullah, pernyataan mantan Rektor  Universitas Islam  Negeri  Sunan  Kalijaga  Yogyakarta itu tidak  pantas  dilakukannya. Pernyataan  yang  kontroversial itu  membuat  jengah masyarakat.

“Saya baru saja menyampaikan  sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan untuk menumbuhkembangkan  rasa  cinta  terhadap  bangsa  dan Negara  Kesatuan Republik  Indonesia. Ini juga program pemerintah melalui MPR/DPR. Lalu tiba-tiba ada pernyataan yang kontroversial itu. Kan jadi bertabrakan,” kata Hidayatullah.

Lebih lanjut Hidayatullah mengatakan, Pancasila  adalah  pilar  pertama dari Empat Pilar Kebangsaan kita sekaligus sebagai  ideologi negara yang merupakan  pedoman  hidup  berbangsa dan bernegara.

“Nah, sekarang sudah  terlihat  ada  orang  orang yang  tidak  cinta  NKRI, buktinya secara  gamblang  dapat dilihat  oknum-oknum  penebar  informasi  menyesatkan  seperti ini. Inilah  tipe  manusia  radikal yang sesungguhnya,” kata Anggota Komisi XI DPR RI  ini.

Hidayatullah mengingatkan, pernyataan Jenderal Besar TNI Abdul Haris Nasution tentang isu mempertentangkan agama dan Pancasila merupakan isu yang dilakukan PKI. “Tidak salah kita mengingat sejarah, ini bukan isu baru, Pak Abdul Haris sudah mengatakan itu,” kata Hidayatullah mengakhiri wawancaranya.(*)

Reporter:

Abdul Aziz

Editor:

Harun AR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here