7 Desember 2021

Muhammad Nuh: “Hakikatnya Wartawan Itu Adalah Da’i”

MEDAN – RENTAKNEWS.COM: Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) asal Sumatera Utara H. Muhammad Nuh, MSP mengatakan pada hakikatnya seorang wartawan itu adalah da’i yang menyampaikan pesan kebaikan. “Justru pada hakikatnya, wartawan itu adalah penyampai pesan, pesan-pesan kebaikan, pesan agar orang berbuat baik dan mencegah kemungkaran atau amar ma’ruf nahi mungkar,” katanya ketika membuka Workshop Jurnalistik Tingkat Dasar Untuk Pemula yang diselanggarak Media Siber Rentaknews.com di Aula Gedung Perwakilan DPD RI Sumatera Utara, Jalan Gajahmada No. 32 Medan, Sabtu (05/07/2020).

Menurut M Nuh, media dan wartawan itu sangat penting untuk menyampaikan hal-hal yang diperlukan oleh publik. “Anggota legislatif, apakah DPR atau DPD yang juga disebut sebagai penyambung lidah rakyat tidak ada artinya jika media dan wartawan tidak menyampaikannya kepada rakyat,” kata M Nuh yang juga Ketua PW Persis Sumut dan pada kesempatan itu didampingi Bendahara Persis Ir. Tauhid Ichyar.

Workshop Jurnalistik Tingkat Dasar Untuk Pemula diselenggarakan Rentaknews.com

M Nuh memberikan apresiasi atas upaya Rentaknews.com sebagai sebuah media siber yang baru berdiri untuk mengadakan workshop ini agar calon wartawan dan wartawannya memahami betul apa tugas-tugas dan fungsi seorang wartawan. Menurut Nuh saat ini jarang media yang memulai usahanya dengan terlebih dahulu membangun skill sumber daya manusianya. “Untuk itu saya salut dengan manajemen Rentaknews.com. Harus kita akui saat ini banyak media dan wartawan yang hanya menekan satu pihak untuk kepentingan tertentu. Padahal sebagai sebuah institusi yang merupakan pilar keempat demokrasi setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif, pers harus berdiri di atas semua pihak, harus bebas nilai dan netral,” katanya lagi.

M Nuh berharap, Rentaknews mampu menjadi sebuah media yang kredibel, mematuhi Undang-undang dan Kode Etik Jurnalistik. “Rentaknews.com harus mampu mencari hal-hal dan informasi yang aktual untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi yang benar dan yang mengandung nilai-nilai kebaikan. Dengan demikian Rentaknews.com akan menjadi salah satu idola masyarakat untuk mendapatkan informasi yang baik dan benar. Saya yakin manajemen Rentaknews.com yang diisi tokoh-tokoh yang sudah berpenggalaman di bidangnya mampu membawa media siber Rentaknews.com ini menjadi yang terbaik di Sumatera Utara,” harap M Nuh lagi.

Pemimpin Umum Rentaknews.com Ir Heri Batangari Nasution memberikan sambutan

Sementara itu Ketua Panitia Workshop ini Abdul Aziz, ST mengatakan workshop ini diadakan untuk menjaring calon-calon wartawan dan kontributor Rentaknews.com yang akan bertugas di berbagai daerah di Sumatera Utara dan Aceh. “Sebelum bertugas di lapangan, kami membekali dulu mereka dengan ilmu jusnalistik dasar dan Kode Etik Jurnalistik, agar mereka tidak melanggar Undang-undang dan ketentuan yang berlaku.

Tampil sebagai narasumber dalam workshop ini antara lain Ketua Seikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut Ir Zulfikar Tanjung, Redaktur Harian Analisa Bambang Riyanto, SS. MSi dan Director Executif of Roen Academy Drs. Harun Al Rasyid. Workshop in diikuti oleh 30 orang peserta dari berbagai daerah di Sumatera Utara. Hadir juga manajemen Rentaknews.com diantaranya Heri Batangari Nasution, Ansari Adnan Tarigan, Rusdin Pinem, Muhammad Arif dan Linda Mandai.(*)

Reporter:

Aqlina Tursina

Editor:

Harun AR

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram