Robin Samosir

SIANTAR-RENTAKNEWS.COM : Pemilihan Walikota Pematangsiantar semakin dekat, namun di akar rumput masyarakat belum menemukan figur yang layak memimpin Kota Pematangsiantar lima tahun ke depan.

“Kami belum menemukan figur yang layak memimpin Siantar ke depan. Untuk itu kami berharap mantan Wakil Walikota Siantar periode 2010-2015 Koni Ismail Siregar, SSos yang sekarang berkiprah di Pemprovsu mau balek ke Siantar,” kata tokoh masyarakat Siantar Robin Samosir yang saat ini menjabat Walikota Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kota Pematangsiantar kepada Rentaknews.com, Senin pagi (13/07/2020).

Menurut mantan Pemred MNC TV ini, sosok Koni Ismail Siregar adalah sosok seorang pemimpin yang pro rakyat. Ketika menjabat sebagai Wakil Walikota Siantar dulu, beliau sebenarnya lebih banyak berperan dibandingkan Walikotanya sehingga beliau sangat dekat dengan rakyat. Hanya karena statusnya yang PNS, Koni tidak mencalonkan diri pada periode 2015-2020 dan memilih untuk tetap berkarir sebagai PNS di Pemprovsu.

“Kami berharap Bang Koni mau balek lagi ke Siantar meskipun harus mengorbankan kariernya sebagai pegawai negeri sipil. Demi kemajuan kota Pematangsiantar, Bang Koni baleklah…” kata Robin berharap.

Sampai saat ini memang belum terlihat riak-riak Pilkada Siantar yang akan dilaksanakan bulan Desember mendatang. Masa bakti Walikota Pematangsiantar periode 2015-2020 akan berakhir pada tanggal 23 September 2020. Menurut ketentuan KPU Walikota yang sekarang Hefriansyah akan secara otomatif menjabat Plt. Walikota sampai Pilkada dilaksanakan. Hefriansyah disinyalir tidak bisa mencalonkan diri karena tidak ada partai yang berani mendukungnya.

Konstelasi politik di Siantar dewasa ini baru Partai Hanura dan Partai Demokrat (jumlah tujuh kursi dari syarat enam kursi untuk bisa mencalonkan) yang memastikan akan mencalonkan pasangan Asner Silalahi – dr. Susanti. Sementara parpol lain seperti PDIP dan Partai Nasdem masih melakukan penjaringan. Kemungkinan dari jalur independen akan muncul pasangan Ojak Naibaho dan Efendi Siregar.

Atas kondisi itu, menurut Robin, ada peluang yang sangat besar bagi Koni Ismail Siregar untuk maju Pilkada Siantar. Ada dua partai lagi yang bisa mencalokan yaitu Partai Golkar dan Partai Gerindra.

“Bisa jadi partai-partai yang belum punya calon ini mencalonkan Bang Koni Siregar karen elektabilitasnya yang sangat tinggi. Masyarakat Siantar diyakini akan memilih Koni Ismail Siregar karena pernah berkiprah di Siantar. Masyarakat Siantar butuh orang seperti Koni Ismail Siregar itu,” kata Robin lagi. (*)

Reporter:

An Jambak

Editor:
Harun AR

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here