7 Desember 2021

Peringati HUT RI ke-75, PKS Sumut Gelar Upacara Bendera

Foto Bersama DPW PKS Sumut setelah upacara.

Medan, Rentaknews – Memperingati HUT RI ke-75, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Sumut, menggelar upacara pengibaran bendera merah putih, Senin pagi (17/8).

Upacara pengibaran Bendera Merah Putih bertempat di kantor DPW PKS Sumut, Jl. Kenanga Raya No.51, Tanjung Sari, Medan. Acara yang rutin dilaksanakan PKS setiap tahunnya itu, kali ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Ketua Umum DPW PKS Sumut, Dr. Hariyanto, Lc., M.A. bertindak selaku inspektur upacara, menyampaikan amanat Presiden PKS Mohammad Sohibul Iman, tentang masa depan Ekonomi dan Demokrasi Indonesia.

Ada dua faktor yang akan mengubah permainan (game changer) dari lanskap ekonomi dan politik hari ini dan dimasa masa mendatang.

Dua faktor itu adalah pandemi dan demokrasi. Faktor ini akan saling mempengaruhi satu sama lain membentuk tata ruang ekonomi dan politik baru.

Pandemi covid 19 merupakan bencana kesehatan global terbesar abad ini. Jika dilihat dari jumlah korban dan kecepatan penyebarannya ke negara negara terdampak, wabah ini termasuk kasus kedua terburuk setelah pandemi spanish Influenza yang pernah terjadi satu abad yang lalu.

Data statistik tanggal 16 Agustus 2020 untuk Indonesia menunjukkan bahwa sejak 2 maret 2020 jumlah kasus positif mencapai 137.468 dan korban meninggal mencapai 6.071 atau 4,4 persen tingkat kematian (fatality rate) diatas rata-rata dunia yang angkanya berada 3 persen.

Dengan kondisi diatas hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan mitigasi penyebaran wabah, Pemerintah harus mampu mengendalikan dan menurunkan tingkat penyebaran, bagaimana mendorong akselerasi kapasitas pemerintah pusat dan daerah dalam melakukan testing dan tracing.

Tanpa kebijakan tersebut diatas yang masif kita akan sulit menurunkan kurva epidemi.

Dalam mendesain kebijakan publik, tidak boleh asal-asalan atau hanya sekedar memenuhi janji kampanye politik, sehingga program tersebut terlihat dipaksakan yang mengusik nalar publik dan tidak memberikan nilai manfaat yang optimal bagi kesejahteraan rakyat ujar Sohibul yang dibacakan Hariyanto.

Dalam amanatnya, yang dibacakan Hariyanto menyampaikan agar semua pihak tetap optimis bahwa bangsa Indonesia akan mampu bangkit dan melewati ujian dan cobaan krisis pandemi dan krisis-krisis lainnya yang diakibatkan dari pandemi Covid-19 ini.

Hadir dalam upacara tersebut Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah PKS Sumut H. Salman Alfarisi, Lc., M.A. serta pengurus PKS lainnya.

Acara berlangsung dengan khidmad dan ditutup dengan doa untuk keselamatan negeri ini oleh Sekretaris Umum H. Irvantra Padang, MA.

Reporter : Abdul Aziz

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram