Dr.dr.H.Delyuzar M.Ked(PA), Sp.PA(K).

Tahun baru islam yang diperingati pada tanggal 1 Muharram menjadi Hari transformasi dalam perjuangan Rasulullah SAW. Hijrah dari kafir Quraisy di Makkah pindah ke tempat perjuangan baru yang lebih strategis yaitu Madinah.

IKLAN

Memberi ruang lebih luas dalam menyatukan persaudaraan Muhajirin Makkah dan Anshar Madinah sehingga menjadi kekuatan yang merubah tatanan dunia tidak hanya tanah Arab tapi berpengaruh ke seantero dunia. Dalam menyikapi perjuangan Rasullulah SAW, kita juga harus siap mereformasi cara pandang kita kearah lebih kritis. Hijrah dari kejahilan menuju kearah kecerdasan intelektual dan spritual untuk membangun peradaban yang ilahiah di dunia.

Tidak hanya berpikir sekedar materialistik tapi juga merencanakan spritual yang lebih hakiki. Tidak saja kebutuhan sesaat tetapi juga memikirkan kehidupan selanjutnya di surga dengan kenikmatan yang tak bertepi. Didasari iman Hijrah terkait dengan Jihad dengan harta, fisik dan jiwa di jalan Allah. Allah akan meninggikan derjatnya bagi mereka yang bersungguh-sungguh dalam jihadnya dan menjadi seorang pemenang.

Menyikapi tahun baru Islam di masa pandemi saat ini, kita butuh solidaritas dengan mencontoh perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam berhijrah bersama para sahabat atas dasar sebuah keimanan. Masa-masa kritis yang saat ini terjadi adalah sebuah cobaan agar kita dapat selalu bertaqwa dan menghargai kesehatan yang diberikan oleh Tuhan yang Maha Esa. Setiap bekal iman yang didapat menjadikan kita berani untuk berhijrah serta berjihad dijalanNya dan ini merupakan sebuah dasar solidaritas antar sesama manusia.

Semoga tanggal dan hari baru ini membawa kita menjadi pribadi yang lebih baik dan menjadikan kita orang yang lebih beriman dan menghargai sesama. Selalu berdoa agar cobaan yang saat ini terjadi dapat segera berakhir.

Penulis : Dr.dr.H.Delyuzar

Reporter : Abdul Aziz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here