9 Desember 2021

ICSB Sumut Gelar Expo dan Temu Bisnis UMKM

MEDAN–RENTAKNEWS.COM : International Council for Small Business (ICSB) Wilayah Sumatera Utara segera menggelar “ICSB Sumut Expo 2020, Gebyar Produk UMKM dan Temu Bisnis” yang akan diselenggarakan pada Selasa sampai Kamis  tanggal 3-5 November 2020 di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Medan. “Sedikitnya 50 UMKM binaan pemerintah Kabupaten/Kota se-Sumut, BUMN, Perbankan Nasional dan Perguruan Tingi akan mengikuti expo ini,” kata Korwil ICSB Sumatera Utara Ir. Deni Faisal Mirza, MM kepada Rentaknews.com di Medan, Jum’at (21/08/2020).

Menurut Deni, sesuai Rakernas ICSB  di Karanganyar pada tahun 2019 lalu, Korwil ICSB Sumut direkomendasi sebagai penyelenggara expo dan temu bisnis UMKM tahun 2020 ini. “Kami sudah mendapat restu dari Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut untuk melaksanakan  expo ini. Pada expo ini kami berharap akan muncul produk-produk UMKM Sumut yang  akan diberikan reward kemudian akan kita bawa ke ajang Konferensi Ketiga ICSB di Surabaya November 2020 mendatang. Pada ajang itu akan bertanding produk-produk  terbaik Indonesia. Direncanakan ICSB regional ASEAN dan Ketua ICSB Global yang saat ini dipegang Mesir akan hadir,” kata Deni lagi.

Sementara itu Tresurt ICSB Korwil Sumut Kevin Ayu Windari S. Kom selaku penyelenggara “ICSB Sumut Expo 2020, Gebyar Produk UMKM dan Temu Bisnis” ini mengatakan kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut akan menghadirkan  50 UMKM terbaik se-Sumatera Utara. Disamping itu juga akan diadakan Temu Bisnis atau Kontak Dagang para pelaku UMKM Sumatera Utara dengan pelaku UMKM dari Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. “Selaku pihak yang mempersiapkan event ini kami akan melibatkan Gugus Tugas Covid-19 Sumut dalam menjamin terpenuhinya protokol kesehatan dalam kondisi pandemi Covid-19 ini,” kata Kevin Ayu Windari lagi.

Tresurt ICSB Sumut Kevin Ayu Windari S. Kom. President ICSB Global Dr. Jacky Mussry, dan  Korwil ICSB Sumut Ir. Deni Faisal Mirza, MM.

Menurut Deni, dampak pandemi Covid-19 ini lebih dahsyat efeknya dari krisis ekonomi. Pelaku UMKM sempat down dan patah semangat. Untuk itu kami berharap expo ini dapat membangkitkan semangat kawan-kawan pelaku UMKM. Dengan adanya kontak dagang dengan UMKM provinsi lain, tentu ada harapan baru untuk menumbuhkn dan meningkatkan produktifitas.

“Kalaulah produk-produk UMKM Sumut dapat masuk di ketiga provinsi itu berarti ada peluang baru dan UMKM Sumut tentu akan bergerak lagi.Kita do’akan pandemi Covid-19 ini segera berakhir sehingga pada awal tahun 2021 UMKM Sumut bisa bangkit kembali,” kata Deni lagi.

Lebih lanjut Deni mengatakan, ICSB merupakan organisasi nonprofit yang fokus pada pemberdayaan usaha kecil dan menengah (UKM) yang berdiri pada tahun 1955 merupakan organisasi global pertama yang memiliki perhatian terhadap pengembangan dan edukasi untuk usaha kecil di seluruh dunia. Indonesia mulai bergabung secara aktif dengan jaringan ICSB global sejak tahun 2015 atas prakarsa  A.A.G.N. Puspayoga yang saat itu menjabat sebagai Menteri Koperasi dan UKM RI dan pakar marketing  Hermawan Kartajaya.

“Dengan dukungan Kementerian Koperasi dan UKM RI, ICSB Indonesia terus berupaya untuk mengembangkan jaringan hingga ke seluruh Provinsi di Indonesia,” kata Deni lagi. (*)

Reporter:

Dewani Dalimunthe

Editor:

Harun AR

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram