1 Desember 2021

Pusat Zakat Umat Sumut Bagikan Sembako dan Masker Kepada Warga Terpapar Debu Sinabung

PZU Sumut saat memberikan bantuan sembako.

Medan, rentaknews – Dalam sepekan terakhir gunung sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara mengalami letusan sebanyak 7 Kali, 61 Kali hembusan, 2 Kali luncuran awan panas, gempa hampir setiap hari serta microtremor terus menerus mencatat aktivitas.

Hal ini berdasarkan data aktivitas yang dikeluarkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Pengamat Gunung Api (PGA) Sinabung sepekan yang lalu.

Baca Juga : ICSB SUMUT GELAR EXPO DAN TEMU BISNIS UMKM

Pada aktivitas Sinabung tercatat gempa low frequency 210 kali, tektonik lokal 10 kali, tektonik jauh 12 kali serta lahar dingin satu kaki. Saat dikonfirmasi, Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kualanamu, Medan, Mega Sirait, dari data laporan informasi meteorologi untuk aktifitas Sinabung. Pengamatan paper test di Bandara Kualanamu, nil vulcanic Ash, artinya arah angin bergerak ke timur dan tenggara dari lokasi letusan sinabung.

Dari laporan kondisi tersebut diatas Pusat Zakat Umat Sumatera Utara mengunjungi lokasi, senin (24/8). Rombongan dipimpin Ketua Pusat Zakat Umat (PZU) Sumatera Utara, H. Muhammad Nuh, selanjutnya melakukan koordinasi dengan lembaga, ormas dan pemerhati lingkungan.

Hadir Dalam pertemuan ini, PT Q Cahaya, DPD Gerpedais, PD Persis, FPI dan BKPRMI Kabupaten Karo. Dari data dan observasi yang disampaikan rekan-rekan diatas, bahwa Ada 4 Kecamatan yang terpapar Abu vulkanik Erupsi Gunung Sinabung.

Baca Juga : PUSAT ZAKAT UMAT SUMUT BERBAGI KEBAHAGIAAN TANPA BATAS

Empat Kecamatan tersebut adalah, Kecamatan Neman Teran, Kecamatan Merdeka, Kecamatan Brastagi dan Kecamatan Dolat, dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 13.725. Nuh yang juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sumatera Utara menginventarisir kebutuhan warga yang mendesak yakni kebutuhan sembako. empat Kecamatan tersebut banyak yang berprofesi sebagai buruh tani, dimana saat ini lahan pertanian rusak dan mengakibatkan mereka tidak bekerja.

Nuh juga akan melakukan koordinasi sesuai kewenangannya dengan mitra kerja, baik di lembaga legislatif, maupun lembaga-lembaga kemanusiaan lainnya. Sesegera mungkin melaksanakan penggalangan dana bagi mereka yang terpapar Abu Gunung Sinabung. Rencana Hari Kamis akan dibagikan 1000 masker untuk saudara-saudara kita yang terkena bencana Erupsi Gunung Sinabung. (AA/RN)

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram