9 Desember 2021

Empat Paslon Kepala Daerah di Sumut Akan Melawan Kotak Kosong

MEDAN-RENTAKNEWS.COM : Empat daerah di Sumatera Utara berpeluang hanya diikuti oleh calon tunggal. Empat pasangan calon kepala daerah itu diprediksi akan melawan kotak kosong saat pesta demokrasi, 9 Desember 2020. Ke-empat daerah itu adalah Serdang Bedagai, Gunung Sitoli, Humbahas dan Pematangsiantar.

Hal ini dikatakan Ketua KPU Sumut Herdensi Adnin, saat ditanya wartawan, Senin (07/09/2020) . Dia mengatakan, dari 23 kabupaten/kota di Sumut yang menggelar pilkada, empat di antaranya berpotensi hanya calon tunggal dan melawan kotak kosong. “Sergai, Gunung Sitoli, Humbahas dan Pematangsiantar hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar,” ujarnya sebagaimana dikutip Beritasatu.com.

Herdensi menambahkan, berdasarkan aturan yang berlaku, apabila hanya satu pasangan calon yang mendaftar, maka pendaftaran diperpanjang selama tiga hari. “Perpanjangan sudah diatur kalau kemudian ada satu paslon atau lebih dari satu paslon, kemudian hanya satu yang dianggap memenuhi syarat satu lagi tidak memenuhi syarat, kemudian KPU memperpanjang masa pendaftaran, terhitung sejak tadi pagi, KPU kabupaten/kota menunda tahapan,” katanya. Itu artinya, keempat daerah itu masih membuka pendaftaran hingga tiga hari kedepan.

Disebutkan, pasangan tunggal yang melawan kotak kosong di Kota Gunung Sitoli adalah petahana, Lakhomizaro Zebua – Sowaa Laoli. Pasangan ini didukung oleh delapan partai politik (Parpol) dengan total jumlah 23 kursi dari 25 kursi di DPRD Kota Gunung Sitoli. Hanya Partai Nasdem yang memiliki dua kursi yang belum memberikan dukungan. Adapun jumlah kursi dukungan parpol di DPRD Gunung Sitoli itu meliputi PDI Perjuangan enam kursi, Golkar dua kursi, Perindo dua kursi, Demokrat empat kursi, PKPI satu kursi, Gerindra tiga kursi, PAN satu kursi dan Hanura empat kursi. Sementara untuk pengusungan pasangan calon kepala daerah untuk kontestasi pilkada di daerah itu, partai koalisi harus memiliki suara minimal lima kursi.

Untuk pilkada di Kabupaten Humbahas diikuti pasangan tunggal dari petahana, Dosmar Banjarnahor  – Oloan Paniaran Nababan. Pasangan ini diusung oleh seluruh partai pemilik 25 kursi di DPRD Kabupaten Humbahas yakni, PDI Perjuangan (PDIP) tujuh kursi, Partai Golkar lima kursi, Partai Hanura empat kursi, Partai Nasdem tiga kursi, Partai Gerindra dua kursi, Perindo dua kursi, Partai Demokrat satu kursi dan PSI satu kursi.

Pilkada di Kota Pematangsiantar, hanya diikuti pasangan tunggal, Asner Silalahi-Susanti Dewayani. Pasangan ini didukung oleh seluruh parpol pemilik kursi parlemen di DPRD Siantar yakni PDIP, Golkar, Gerindra, Nasdem, Hanura, Demokrat, PKPI, dan PAN yang menguasai total 30 kursi yang ada di DPRD Siantar.

Begitu juga dengan pilkada di Kabupaten Serdang Bedagai, petahana Soekirman–Tengku Ryan, akhirnya tersingkir karena dianggap tidak memenuhi persyaratan kursi dari partai pendukung untuk mengikuti kontestasi saat mendaftar ke KPU Kabupaten Serdang Bedagai. Untuk pilkada di Kabupaten Sergai, yang seharusnya memiliki dukungan partai koalisi dengan minimal 9 kursi tersebut, hanya diikuti oleh pasangan tunggal, Darma Wijaya–Adlin. Pasangan ini diusung oleh delapan parpol dengan jumlah kursi 33 di DPRD Serdang Bedagai. Partai koalisi pendukung pasangan Darma Wijaya – Adlin adalah PAN empat kursi, Gerindra tujuh kursi, PKB empat kursi, PDIP lima kursi , Demokrat tiga kursi, PPP tiga kursi, Hanura lima kursi dan Partai Golkar lima kursi. Sementara itu, Soekirman–Tengku Ryan hanya didukung oleh Nasdem empat kursi dan PKS dua kursi.

Di Sumut, sebanyak 23 daerah dari 33 kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan pilkada serentak. Daerah yang melaksanakan pilkada adalah Kota Binjai, Medan, Pematangsiantar, Tanjungbalai, Sibolga, Gunungsitoli, Kabupaten Serdang Bedagai, Simalungun, Asahan, Karo, Pakpak Bharat, Labuhan Batu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Samosir, Humbahas, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Nias, Nias Utara, Nias Barat, dan Nias Selatan.(*)

Sumber :

Beritasatu.com

Editor :

Dewani N Dalimunthe

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram