2 Desember 2021

Manfaat Buah Kelapa Muda dan Kelapa Tua untuk Kesehatan Tubuh

MEDAN—RENTKNEWS.COM : Buah kelapa merupakan buah yang populer di daerah iklim tropis seperti Indonesia, buah kelapa dapat ditemukan di seluruh wilayah di Indonesia. Sejak sekitar 4500 tahun SM, buah kelapa telah dimanfaatkan oleh penduduk lokal  dalam berbagai macam cara.

Buah kelapa memiliki nama latin Cocos nucifera. Secara umum, air buah ini mengandung 16 kalori dan 4,1 gram gula. Sedangkan daging yang terkandung di dalamnya mengandung 77 kalori, 1,4 gram protein, 3.6 gram lemak, 10 gram gula, 257 gram kalium, dan 6 miligram vitamin C.

Buah kelapa muda kaya akan kandungan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh dibandingkan dengan kelapa tua. Namun kandungan daging buah pada kelapa muda lebih sedikit dibandingkan kelapa tua. Hal ini karena 95% kandungan kelapa muda adalah air.

Di sisi lain, kandungan nutrisi dari air maupun daging buah yang sudah tua secara umum lebih tinggi dibanding dengan yang muda. Sebab, seiring berjalannya waktu di atas pohon, buah kelapa akan secara terus menerus mengalami kenaikan berat dan ukuran. Maka semakin tua umur buah, maka jumlah kandungan air dan dagingnya akan semakin lengkap dan maksimal.

Secara umum, berikut segudang manfaat kelapa untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Memenuhi asupan cairan tubuh

Tak hanya enak dikonsumsi pada saat cuaca sedang panas atau sedang berkeringat, air buah kelapa muda juga bisa dikonsumsi saat seseorang sedang kehilangan banyak cairan akibat diare. Manfaat kelapa yang satu ini bisa jadi alternatif menghidrasi tubuh selain dari air putih.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa air buah kelapa muda dapat melancarkan sirkulasi darah serta menurunkan tekanan darah tinggi, yang pada akhirnya membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.

3. Obat kumur alami

Selain digunakan untuk memasak, minyak buah ini juga bisa dijadikan sebagai obat kumur alami. Penggunaan minyak kelapa sebagai obat kumur alami sebenarnya udah dikenal sejak bertahun-tahun lalu. Minyak kelapa diperoleh dari santan kelapa tua.

4. Membakar lemak perut

Minyak buah ini juga dapat dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak perut, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

5. Mencegah batu ginjal

Memastikan tubuh mendapatkan cairan yang cukup setiap hari sangat baik untuk pencegahan batu ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa air buah kelapa muda mungkin bisa jadi pilihan yang lebih baik untuk memenuhi asupan cairan sekaligus membantu Anda terhindar dari penyakit batu ginjal (kencing batu).(*)

Sumber:

Hellosehat.com.

Editor:

Pristi Hapsari Hasugian

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram