JAKARTA-RENTAKNEWS.COM: Kementerian Luar Negeri India dan China (Republik Rakyat Tiongkok) akhirnya sepakat untuk menemukan jalan keluar dan melepaskan diri dari kebuntuan masalah perbatasan yang telah terjadi selama berbulan-bulan di perbatasan Himalaya. Kesepakatan itu diumumkan dalam pernyataan bersama pada Jumat (11/9/2020).

Penasihat Negara China dan Menteri Luar Negeri Wang Yi, dan Menteri Luar Negeri India S Jaishankar melakukan pertemuan bersamaan dengan pertemuan para menteri luar negeri Organisasi Kerjasama Shanghai di Moskow. Kedua menteri dari dua negara tersebut mencoba untuk mengakhiri perselisihan yang paling serius dalam beberapa dekade di perbatasan.

“Kedua Menteri Luar Negeri sepakat bahwa situasi di daerah perbatasan saat ini tidak menguntungkan kedua belah pihak,” papar mereka dalam pernyataan itu. Oleh karena itu, mereka setuju bahwa pasukan perbatasan dari kedua belah pihak harus melanjutkan dialog, segera melepaskan diri, menjaga jarak yang tepat, serta meredakan ketegangan.

Secara terpisah, kementerian luar negeri China mengatakan akan menjaga komunikasi dengan India melalui saluran diplomatik dan militer dan berkomitmen untuk “memulihkan perdamaian dan ketenangan” di daerah perbatasan Himalaya.

Menguraikan pertemuan Moskow, Wang sebagai perwakilan dari China telah mengatakan kepada Jaishankar bahwa “keharusannya adalah segera menghentikan provokasi seperti penembakan dan tindakan berbahaya lainnya yang melanggar komitmen yang dibuat oleh kedua belah pihak.”

Semua personel dan peralatan yang masuk tanpa izin di perbatasan harus dipindahkan dan pasukan perbatasan di kedua sisi “harus segera melepaskan diri” untuk meredakan situasi, tambahnya.(*)

Sumber :

Kompas.com. dan Kontan.co.id

Editor :

Tessar Nasution

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here