MEDAN—RENTAKNEWS.COM: Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan menindak tegas tempat-tempat usaha yang tidak menerapkan aturan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Gubernur Sumatera Utara Letnan Jenderal TNI (Purn.) H. Edy Rahmayadi, Selasa (15/09/2020) mengatakan, sanksi yang akan diberikan berupa teguran bersifat tegas tertulis hingga penghentian atau penutupan penyelenggaraan usaha tersebut. Adapun tempat-tempat usaha yang menjadi sorotan karena kerap tidak mematuhi protokol kesehatan mulai dari tempat hiburan malam hingga rumah makan.

Untuk itu, Gubernur Sumut mengatakan akan meningkatkan Peraturan Gubernur (Pergub) menjadi Peraturan Daerah (Perda) terkait sanksi terhadap warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan di tempat hiburan, rumah makan dan tempat kegiatan lainnya.

 “Itu akan kita tindak, tindakannya sama seperti ini, tindak pidana ringan (tipiring), termasuk tidak menggunakan masker. Untuk perusahaan-perusahaan yang tidak mengindahkan teguran, akan kita berikan teguran keras tertulis. Masih dia lakukan, sampai ke tingkat penutupan, tempat-tempat tersebut,” katanya usai memantau operasi yustisi di Lapangan Merdeka Medan.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga menyampaikan rasa kecewa karena melihat banyaknya warga Kota Medan yang masih enggan untuk menggunakan masker. “Obat kita yaitu pendisiplinan protokol kesehatan, itu obat untuk COVID-19. Tapi masih kita lihat begitu banyak rakyat yang harus dengan hukuman tipiring” katanya.

Sementara itu, Polda Sumut menggelar operasi yustisi mulai Senin (14/9) hingga dua pekan ke depan. Melalui operasi yustisi ini, Gubsu berharap penyebaran dan klaster baru COVID-19 di wilayah Sumut dapat ditekan. “Karena pertambahan yang terkonfirmasi corona ini signifikan pertambahannya. Seperti sekarang di Sumut sudah tembus 8.500 dan ini kita harus bisa kontrol melalui penggunaan masker ini. Karena selama ini kita sudah sosialisasi, sekarang kita lakukan penindakan,” tutup Edy.(*)

Sumber:

antaranews.com

Editor:

Dewani N Dalimunthe

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here