7 Desember 2021

Masyarakat Minang Ajukan Petisi Tuntut Puan Maharani Mundur Sebagai Ketua DPR RI

MEDAN—RENTAKNEWS.COM: Ratusan masyarakat Minang yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Minang Kota Medan menggelar aksi protes  dan mengajukan petisi menuntut Puan Maharani mundur sebagai Ketua DPR RI. Aksi tersebut mereka gelar di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara di Jalan Imam Bonjol Medan, Jumat (18/09/2020).

“Kami menuntut Puan Maharani meminta maaf dan mundur sebagai Ketua DPR RI karena ucapannya yang menyinggung perasaan masyarakat Minang ketika menyerahkan dukung terhdap salah satu calon Gubernur Sumbar beberapa waktu lalu. Ini merupakan lanjutan dari  penggalangan petisi tanda tangan dukungan menuntut Puan minta maaf dan mundur dari jabatannya,” kata Koordinator Aksi Ir. Khairi Amri dalam orasinya.

Menurut Khairi Amri, dirinya bersama perwakilan masyarakat Minang telah mengumpulkan ribuan tandatangan di spanduk sepanjang 10 meter yang akan diserahkan ke DPR RI melalui DPRD Sumut. Petisi juga akan diserahkan melalu DPRD Sumbar.

“Setelah dua minggu  dari keluarnya ucapan yang menyinggung perasaan masyarakat Minang itu tidak satu patah kata pun permintaan maaf yang disampaikan Puan sehingga kami memutuskan untuk mengajukan petisi agar dia mundur sebagai Ketua DPR RI. Terlalu sombong dia padahal dia mengaku nenek moyangnya  orang Minangkabau,“ ujar Amri.

Saat ditanya perihal pelaporan kasus ini ke Polda Sumut, salah seorang perwakilan Masyarakat Minang Alwi Jambak mengatakan,  pihaknya tetap akan melaporkan Puan Maharani ke Polda Sumut. Masyarakat Minang di Jakarta juga melaporkan Puan Maharani ke Bareskrim Polri.

“Aksi ini bukan hanya digelar di Medan tetapi di seluruh Indonesia, semua masyarakat Minangkabau sangat kecewa dan kami pastikan tidak akan memilih calon kepala daerah yang diusung oleh PDIP,” ujar Alwi. (*)

Reporte :

Dewani N Dalimunthe

Editor:

Arif P Putra

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram