1 Desember 2021

GNPF-U Sumut Galang Petisi Tunda Pilkada Kota Medan

MEDAN—RENTAKNEWS.COM: Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF-U) Sumut minta Pilkada Serentak di 23 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara tanggal 9 Desember 2020 mendatang ditunda mengingat semakin tingginya penyebaran pandemi Covid-19 di wilayah Sumatera Utara.   

Massa GNPF-U berkumpul di depan gerbang masuk Lapangan Merdeka Medan, Minggu pagi (20/09/2020). Mereka menggalang petisi dukungan agar Pilkada Kota Medan dapat ditunda karena adanya pandemi Covid-19. Sebelumnya, mereka juga melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri (PN) Medan untuk menuntut KPU-Bawaslu menunda kontestasi politik serentak itu.

“Kita minta Pilkada Serentak ditunda, khususnya Pilkada Medan karena karena Kota Medan statusnya zona merah. Kalau dipaksakan berbahaya, kita minta KPUD Medan dan Bawaslu menunda Pilkada Medan,” ujar Sekretaris Tim Pokja Pilkada GNPF-U Sumut, Yogi Al-Fatih.

Aksi penggalangan petisi ini dilakukan sejak pukul 07.00 dan berakhir pukul 09.00 WIB, terlihat sejumlah warga ikut menandatangani petisi ini.

Lebih lanjut Yogi mengatakan pelaksanaan Pilkada saat pandemi Corona dapat membahayakan masyarakat. “Kita di sini memikirkan keselamatan dan kesehatan masyarakat, kita harapkan pertama masyarakat mengerti sebenarnya kondisi Medan sangat berbahaya, kita sekarang berada pada status zona merah, zona merah pekat bahkan. Seluruh kecamatan kondisinya sudah zona merah,” jelas Yogi.

Seperti diketahui sebelumnya, GNPF-U Sumut sudah mengajukan gugatan terhadap KPU dan Bawaslu ke Pengadilan Negeri (PN) Medan pada Rabu (16/09/2020). Gugatan dilakukan untuk meminta Pilkada Medan ditunda.

KPU Medan sebagai salah satu pihak yang digugat oleh GNPF-U Sumut menilai gugatan itu merupakan hak publik. KPU menyebut akan menunggu pemberitahuan resmi dari PN Medan soal gugatan tersebut. (*)

Reporter:

Dewani N Dalimunthe

Editor:

Arif P Putra

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram