1 Desember 2021

Bawaslu Kota Medan Akan Evaluasi Penerapan Protokol Covid-19

MEDAN—RENTAKNEWS.COM : Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Medan, Payung Harahap SE, MM, mengingatkan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan agar tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

Berdasarkan Peraturan Bawaslu Nomor 4 Tahun 2020 terkait Protokol Kesehatan merupakan wewenang Bawaslu dalam proses pencegahan. “Namun tidak dalam penindakan,” kata Payung, Jumat (25/09/2020).

“Bawaslu hanya bisa mencegah dan memberikan pengarahan untuk mematuhi protokol kesehatan, pakai masker dan jaga jarak. Akan tetapi jika tidak dilakukan maka kita bisa membuat rekomendasi kepada Kepolisian dan Gugus Tugas terkait pelanggaran yang ada,” ucap Payung.

Payung mengungkapkan, terkait penerapan protokol kesehatan yang terjadi pada saat pencabutan nomor urut paslon masih di luar kontrol. “Untuk kegiatan kemarin yang dominan itu menjaga jarak masih di luar kontrol, dan ini nanti akan kita evaluasi dengan gugus tugas, KPU bahkan Laison Officer (LO) dari tiap pasangan calon,” ungkapnya.

Selain itu, Payung menegaskan, dengan adanya penandatanganan tanganan pakta integritas yang dilakukan kedua paslon, itu menunjukkan bahwa keduanya telah memiliki komitmen yang sama. “Walupun dalam pakta integritas tersebut tidak ada diatur mengenai sanksi, akan tetapi menurut saya sanksi moralitas atau sanksi sosial itu jauh lebih mahal,” pungkasnya. (*)

Sumber :

Waspada.co.id

Editor :

Dewani N Dalimunthe

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram