SURABAYA–RENTAKNEWS.COM: Pandemi Covi-19 memunculkan tren hobi baru di tengah masyarakat. Salah satunya adalah houseplant atau tanaman dalam ruangan. Momen tersebut pun mendatangkan berkah tersendiri bagi petani houseplant, karena pendapatan meningkat hingga 70 persen.

IKLAN

Di tengah seruan di rumah saja di saat pandemi covid-19 rupanya memunculkan hobi baru untuk menghilangkan kejenuhan, yakni bercocok tanam di dalam ruangan. Kebanyakan orang menyebut hobi tersebut adalah houseplant.

Houseplant kini menjadi primadona, karena selain dapat memperindah suasana rumah, perawatannya juga mudah. Tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, bisa disiram air 3 hari sekali dan ukurannya minimalis sehingga tidak memakan banyak tempat.

Ada tiga jenis houseplant yang laku keras di pasaran, yakni jenis sansivera, aglonema dan kaktus. Dari tiga jenis tersebut, sansivera menjadi yang paling laris diburu. Karena perawatannya mudah dan bisa menyerap radiasi alat elektronik serta polusi, seperti asap rokok.

Salah satu petani tanaman ruangan, yakni Fatihah Amieni mengaku ketiban untung dengan munculnya hobi baru di tengah pandemi tersebut. Karena banyak warga membeli koleksi tanaman hiasnya. Omzet yang didapat meningkat hingga 70 persen.

Fatihah mengembangbiakan houseplant bersama suami dan rekan-rekannya di halaman belakang rumahnya.

Dalam sehari ia menerima belasan pesanan tanaman hias dengan harga berkisar 15 ribu rupiah hingga jutaan rupiah tergantung jenis dan kelangkaan tanaman. (*)

Sumber:

Kompas.com

Editor:

Pristi Hasugian

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here