CLEVELAND–RENTAKNEWS.COM: Calon presiden petahana Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan penantangnya Joe Biden memulai debat pertama dengan sengit soal perawatan kesehatan, virus corona, dan masa depan Mahkamah Agung.

IKLAN

Debat pertama pemilihan umum AS digelar di Case Western Reserve University, Cleveland, AS pada Selasa (29/09/2020) pukul 21.00 waktu setempat.

Keduanya sering menyela satu sama lain ketika tidak mendapat jatah berbicara. Hingga Biden akhirnya membentak Trump, “Bisakah kamu diam, Bung?”

Bentakan Biden tersebut terjadi ketika membahas kandidat hakim Mahkamah Agung yang dicalonkan Trump, Amy Coney Barrett, menggantikan Ruth Bader Ginsburg.

Trump menyatakan pencalonannya terhadap Barret adalah sah karena dia masih menjabat sebagai Presiden AS, sebagaimana dilansir Associated Press.

“Kami memenangi pemilihan. Pemilu memiliki konsekuensi. Kami memiliki senat. Kami memiliki Gedung Putih dan kami memiliki calon yang fenomenal, dihormati oleh semua,” kata Trump.

Sementara itu, Biden menyebut Trump sebagai pembohong.

“Faktanya adalah bahwa semua yang dia katakan sejauh ini hanyalah kebohongan. Aku di sini bukan untuk mengungkapkan kebohongannya. Semua orang tahu dia pembohong,” kata Biden.

Perdebatan menjadi kekacauan dalam 20 menit pertama, ketika Trump berulang kali menyela Biden dan moderator Chris Wallace dari Fox News.

Trump terus-menerus menyela hampir setiap jawaban Biden mengenai Mahkamah Agung, rencana perawatan kesehatan para kandidat, serta bantahan Biden kepada Trump.

Interupsi mengubah bagian awal menjadi di luar kendali di mana hanya ada sedikit ruang untuk mengeksplorasi perbedaan kebijakan.

Trump mengabaikan Biden dan terus berbicara kepada Wallace.

“Tetaplah mengoceh, Bung,” kata Biden.

“Orang-orang mengerti, Joe. Selama 47 tahun, Anda tidak melakukan apa-apa,” balas Trump. (*)

Sumber:

kompas.com

Editor:

Arif P Putera

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here