1 Desember 2021

FP UISU Selenggarakan Seminar dan Pelatihan Budidaya Cabai

MEDAN—RENTAKNEWS.COM: Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menyelenggarakan seminar dan pelatihan budidaya cabai di ruang seminar FP UISU Jalan Karya Wisata, Gedung Johor Medan, pada Rabu (30/09/2020).

Tampak hadir dalam kegiatan ini Dekan Fakultas Pertanian UISU Dr. Ir. Murni Sari Rahayu, MP, Wakil Dekan Bidang Sumberdaya dan Tata Kelola (STK) Surya Dharma, SP, MM, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah (ADI) Ir. Mahyu Danil, MP, MM, Ketua Program Studi Agribisnis H. Muhammad Ilham Riyadh, SP, MSi, Sekretaris Program Studi Agribisnis Hj. Henny Pratiwi, SP, MM, serta Sekretaris Program Studi Agroteknologi Ir. Chairani Siregar, MP.

Pemateri kegiatan Ir. Taslim Harefa kepada Rentaknews.com menjelaskan kondisi yang terjadi hari ini di dunia pertanian yang cenderung semakin menurun. “Saya melihat fenomena yang terjadi sekarang bahwa pertanian kita itu semakin cenderung menurun terus, edukasi dan perkaderan itu tidak ada lagi, sekarang kita harus meningkatkan sumber daya manusia, mempersiapkan alumni-alumni yang akan terjun di lapangan, apakah sebagai pekerja, wirausaha atau akademisi agar dapat membantu petani dalam hal meningkatkan atau menggairahkan pertanian, dan yang paling penting kita mempersiapkan SDM, untuk bisa memberikan sesuatu kepada petani yang lebih atau merubah mindset selama ini yang sudah tidak sesuai dengan standart oprasional yang seharusnya,” jelas Taslim yang juga merupakan alumni FP UISU ini.

Taslim yang juga aktif sebagai konsultan di berbagai agrochemical ini menjelaskan mengenai alasan pemilihan tanaman cabai sebagai materi hari ini, “tahap pertama cabai, karena kalau kita sudah mempelajari tanaman cabai, tanaman hortikultura lainnya sudah lebih mudah, karena tanaman cabai itu paling banyak SOP standartnya, jadi kalau mereka sudah menanam cabai berarti yang lain sudah lebih gampang, dan nanti selanjutnya tanaman bawang, hortikultura lainnya serta buah-buahan”, lanjutnya.

Di akhir wawancara, Taslim menyampaikan harapannya agar kegiatan ini berkelanjutan sebagai upaya pembekalan serta peningkatan sumber daya manusia, “ saya berharap kegiatan ini berkelanjutan, kita akan adakan pelatihan terjun langsung menanam cabai di lahan FP UISU, semoga ini menjadi pembekalan dan upaya peningkatan SDM agar alumni FP UISU dapat berkolaborasi dengan petani, kembali menggairahkan petani dan meningkatkan hasil pertanian,” tutupnya.

Kegiatan yang dikuti oleh dosen FP UISU, alumni serta mahasiswa tingkat akhir Fakuitas Pertanian UISU ini diisi dengan penyampaian materi langkah-langkah dan SOP penanaman cabai yang akan dilanjutkan dengan praktik pelatihan penanaman cabai sesuai SOP di lahan percobaan FP UISU yang juga di bimbing langsung oleh Ir. Taslim Harefa.

Reporter:
Wani Munthe

Editor :

Dewani N Dalimunthe

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram