JAKARTA–RENTAKNEWS.COM: Memelihara ikan hias menjadi salah satu hobi yang banyak diminati saat pandemi Covid-19. Bagi pehobi ikan hias, ikan guppy dan cupang menjadi salah satu incaran yang banyak diminati. Salah satu alasannya adalah karena warna-warninya yang menarik dan cantik.

IKLAN

“Meningkatnya jumlah peminat dan pembelian ikan cupang dan ikan guppy pada masa pandemi Covid-19 ini sangat dirasakan manfaatnya oleh banyak sekali breeder di seluruh Indonesia, mudah-mudahan hal tersebut dapat memacu seluruh breeder ikan cupang dan ikan guppy untuk mempertahankan kualitas ikan,” kata salah satu anggota  Indonesian Guppy Popularized Association (IGPA) dari Swasti Farm, Ahmad Taufik.

Selain soal warna, memelihara ikan hias ternyata juga bisa memberikan manfaat. Berikut sejumlah manfaat memelihara ikan hias menurut IGPA:

1. Membasmi jentik nyamuk

Ikan yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan ini masuk ke Indonesia pada awal 1920. Awalnya ikan ini digunakan untuk memakan jentik atau larva nyamuk malaria. Namun kini, ikan guppy menjadi ikan hias yang banyak dipelihara pehobi.

“Jenis ikan guppy yang saat ini tercatat di seluruh dunia ada ratusan jenis dan akan terus bertambah dengan proses penyilangan dari breeder seluruh dunia yang tidak pernah berhenti,” kata Presiden IGPA, Sahlan Rosyadi.

2. Mengurangi stres

Sebuah penelitian di tahun 2015 yang dilakukan oleh para pakar National Marine Aquarium, Plymouth University bersama dengan University of Exeter mengungkapkan bahwa memandangi ikan di dalam akuarium bisa mengurangi tekanan darah dan menstabilkan ritme jantung.

Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Environment & Behavior menyebutkan bahwa semakin banyak ikan di dalam sebuah akuarium yang mampu menangkap perhatian seseorang maka semakin baik meningkatkan suasana hati.

3. Menghias ruangan

Adanya akuarium dengan segala pernak-pernik dan ikan hias warna-warni akan memperindah suasana rumah.

Ikan cupang dan guppy sangat populer karena faktor keunikan dan keindahan sirip dan ekor yang besar seperti ikan yang sedang menggunakan gaun. (*)

Sumber:

CNN Indonesia

Editor:

Pristi Hasugian

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here