TANAH KARO—RENTAKNEWS.COM: Anggota DPD RI asal Sumatera Utara H. Muhammad Nuh, MSP dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajeck Shah meresmikan Pilot Projeck Desa Madani di Desa  Kutambelin Kecamatan Nemanteran Kabupaten Karo, Selasa (06/10/2020). Peresmian itu ditandai dengan pembukaan Rumah Tahfiz Al Quran dilanjutkan dengan panen perdana sayuran hidroponik Madani Farm dan Penanaman Bibit Kopi Madani.

IKLAN

Hadir dalam kegiatan itu Bupati Tanah Karo Terkelin Brahmana, SH dan Drs. H. Mohamad Ilyas Tarigan putra asli Tanah Karo yang menggagas Projeck Desa Madani tersebut. Gagasan  membentuk  Desa  Madani ini dimaksudkan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Karo pasca erupsi Gunung Sinabung.

Dalam  sambutannya  Wakil  Gubernur Sumatera Utara mengatakan Pemerintah  Provinsi  Sumatera Utara  mengucapkan  terima kasih kepada  tokoh  masyarakat,  akademisi, warga, tokoh  agama,  tokoh  adat  dan perangkat  desa  yang telah  membantu  program  Pemerintah  Provinsi  Sumut dalam  pengembangan  tanaman  hidroponik  yang  berbasis  teknologi.

“Dengan memanfaatkan teknilogi harga jual sayuran akan semakin tinggi sehingga menguntungkan petani. Saya  berharap  project ini dapat  dikembangkan  di desa-desa  yang  lain,” kata Ijeck lagi.

Sementara itu Anggota DPD RI H. Muhammad Nuh, MSP mengakan sangat menghargai gagasan membuat Pilot Project Desa Madani ini sehingga bisa dijadikan acuan oleh petani lain di Tanah Karo. Menurut M Nuh dalam era seperti sekarang ini petani dituntut agar kreatif dalam bekerja sehingga hasil panen mempunyai nilai jual yang tinggi.

“Ini salah satu lompatan yang sangat maksimal, dengan kondisi lahan yang terbatas petani dapat panen yang lebih baik. Saya akan  berkoordinasi  dengan  mitra  kerja  di DPD  RI agar program Desa Madani ini bisa menjadi program nasional sehingga perekonomian  warga  kembali  sejahtera  sebagaimana masa sebelum  pandemi Covid-19 ini.(*)

Reporter:

Abdul Aziz

Editor:

Harun AR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here