MEDAN—RENTAKNEWS.COM: Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) USU menggandeng USAID Iuwash Plus membangun 15 Sumur Percontohan Resapan di Nagori Rukun Mulyo, Kecamatan Panombeian Panei, Kabupaten Simalungun.

IKLAN

Rencana itu diawali dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pada hari Kamis (08/102020) di ruang pertemuan kantor Pangulu Nagori Rukun Mulyo yang dihadiri para pemangku kepentingan seperti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti dinas LHK, Tarukim, PU Pengairan, Perikananan/Kelautan, Pertanian dan PDAM serta unsur masyarakat. FGD itu bertema “Penguatan Kapasitas Para Pihak tentang Konservasi Sumberdaya Air Melalui Pembuatan Sumur Resapan di Kecamatan Panombeian Panei, Kabupaten Simalungun”.

Dalam kata sambutannya ketika membuka kegiatan ini, Camat Panombeian Panei, Ir. Gentinius Bangun, M.Si., mengatakan, Pemerintah Kabupaten Simalungun mendukung penuh kegiatan ini, karena beberapa tahun yang lalu di Kecamatan Panombeian Panei  juga pernah dibangun sumur resapan yang manfaatnya sangat dirasakan masyarakat. “Contohnya, ketika pada musim kemarau kondisi kekurangan air di daerahnya tidak terlalu mengkhawatirkan bila dibandingkan ketika sebelum ada sumur resapan,” kata Gentinius lagi.

Beliau berjanji akan mencoba membuat program pembangunan sumur resapan ini supaya dapat dianggarkan di APBD Kabupaten Simalungun.

Ir. Herri Batangari, Nst.MSPI.

Sementara itu Ir. Heri Batangari Nst, M.Psi, selaku koordinator tim yang ditugaskan LPPM USU dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dimulai dengan melakukan kegiatan FGD itu. Setelah itu akan diadakan pelatihan tentang sumur resapan, bagaimana manfaatnya sekaligus bagaimana teknik pembangunannya.

“Pada bagian akhir baru dibangun 15 unit contoh sumur resapan yang pembangunannya diserahkan kepada masyarakat terutama yang sudah mengikuti pelatihan,” kata Heri yang mantan salah seorang Direktur PDAM Tirtanadi itu.

Dalam FGD itu, LPPM USU juga menugaskan narasumber Guru Besar Fakultas Pertanian USU, Prof. DR., Ir. Abdul Rauf, MP yang adalah ahli konservasi tanah dan air. Beliau didampingi Hary Supriadi, ST, dan Ir. Suryani Fajar, MP. (*)

Reporter:

Erick Nasution

Editor:

Harun AR

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here