JAKARTA–RENTAKNEWS.COM: Olahraga kardio atau aerobik merupakan jenis olahraga yang dapat memicu detak jantung dan memompa darah lebih cepat. Berbagai gerakan dalam olahraga kardio akan merangsang denyut jantung dan meningkatkan laju pernapasan.

IKLAN

Jenis olahraga ini membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke tubuh, sehingga jantung dan paru-paru dapat terjaga kesehatannya. Bila otot jantung dan paru-paru sama kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah beroksigen yang lebih banyak dan lebih cepat ke dalam sel-sel otot.

Olahraga kardio adalah olahraga yang gerakannya berulang-ulang secara teratur dalam jangka waktu tertentu. Misalnya adalah lompat tali, jalan kaki, jogging, dan bersepeda.  Biasanya, sebuah aktivitas fisik dikatakan sebagai kardio jika dilakukan minimal selama 10 menit. 

Berikut adalah sejumlah manfaat dari olahraga kardio:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dalam penelitian yang membandingkan pesepeda amatir berusia 55-79 tahun dengan orang berusia sama yang tidak pernah berolahraga, terungkap perbedaan yang sangat signifikan. Kelompok pesepeda tersebut memiliki massa otot lebih kuat dan lebih sedikit lemak tubuh. Selain itu, mereka juga terlihat lebih sehat dan memiliki sistem imun lebih bagus.

2. Menyehatkan otak dan persendian

Latihan kardio juga bermanfaat untuk menyehatkan otak dan persendian. Penelitian membuktikan bahwa olahraga kardio dapat mengurangi risiko demensia.

Manfaat lain olahraga kardio bagi otak dan sendiri antara lain:

Meningkatkan aliran darah dan menurunkan risiko terkena stroke

Meningkatkan daya ingat dan kemampuan berpikir

Mencegah penurunan fungsi otak seiring bertambahnya usia

Membantu melindungi diri dari penyakit Alzheimer

Melawan osteoporosis dan mengurangi kemungkinan patah tulang pinggul

Membantu mengatasi ketidaknyamanan artritis dan mempertahankan rentang gerak sendi

3. Menyehatkan paru-paru dan sirkulasi darah

Olahraga aerobik, terutama berenang, akan melatih tubuh menggunakan oksigen dengan efisien. Jenis olahraga kardio juga memantu meningkatkan kontrol gula darah, mengurangi stres pada organ vital, serta mengurangi risiko diabetes tipe 2. Olahraga ini membantu meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan lemak darah. Jenis olahraga tersebut juga membantu mengurangi kelelahan dan sesak napas pada masalah paru-paru kronis.

Selain manfaat-manfaat tersebut, melakukan olahraga kardio juga masih memiliki banyak manfaat lain seperti membentuk otot, memperbaiki suasana hati, meningkatkan kualitas tidur dan energi. Juga memperbaiki kolesterol, menyehatkan saluran cerna, hingga membuat kulit lebih segar. (*)

Sumber:

Kompas.com

Editor:

Pristi Hasugian

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here