MEDAN–RENTAKNEWS.COM: Mungkin belum banyak masyarakat Kota Medan yang mengetahui ada suatu tempat yang sangat nyaman untuk belajar sambil bermain. Tempat itu bernama Ladang edukasi yang di Jalan Jati gang Harjo, Sei Mencirim, Medan Sunggal. Ladang Edukasi ini dibuka setiap Senin-Jumat untuk kunjungan para pelajar melakukan field trip dan kegiatan outbound. Sedangkan untuk Sabtu dan Minggu dibuka untuk umum.

IKLAN

Begitu Anda sampai di gerbang Ladang Edukasi, pemandangan yang asri dan udara yang masih  sejuk akan menyambut kedatangan Anda. Di sini sudah tersedia berbagai fasilitas edukasi bertema Islami seperti memanah, berkuda dan berbagai fasilitas kegiatan outbound. Anda bisa mengajak anak-anak Anda untuk mencoba berbagai fasilitas itu. Untuk melepas penat tersedia pondok-pondok untuk bersantai sambil menikmati berbagai menu yang disediakan di Kantin Ladang Edukasi.

Memanah…

“Ladang Edukasi ini sudah berdiri sejak bulan April tahun 2019. Di Ladang Edukasi ini tidak pernah sepi dari kegiatan yang berfokus pada pendidikan. Tempat ini disebut untuk rekreasi boleh, tempat pendidikan juga boleh,” ujar Suhendra Son, salah seorang pengelola Ladang Edukasi.

Menurut Suhendra Son, Ladang Edukasi ini memadukan antara pendidikan dengan permainan yang bernuansa alam. Tidak hanya berkuda dan memanah, juga ada flying fox, climbing, revpling, memberi makan kelinci, memberi makan ikan, game menangkap ikan, taman membaca, dan ATV (All Terrain Vehicle atau sejenis mainan motor-motoran beroda empat).

Ladang Edukasi dibangun dengan tujuan mencerdaskan anak bangsa. Berbagai kegiatan edukasi yang menyenangkan dapat dilakukan di sini untuk mendorong minat dan bakat anak, baik dalam memanah maupun berkuda.

“Pada penghujung tahun 2020 ini kami akan membangun kolam renang dan kebun buah-buahan. Kolam renang sebagai sarana bagi anak-anak belajar olahraga berenang dan kebun buah-buahan dimaksudkan agar anak-agak belajar mengetahui berbagai macam jenis tanaman buah,” kata Suhendra lagi.

Berkuda…

Untuk masuk ke Ladang Edukasi, Anda tidak perlu merogoh kantong karena masuk ke lokasi Ladang Edukasi ini tidak dipungut biaya atau gratis. Namun jika Anda menggunakan fasilitas yang tersedia Anda dipungut biaya antara Rp. 5.000,- sampai Rp. 30.000,-

Bagi pengunjung yang berminat untuk belajar memanah akan disewakan peralatan memanah dengan budget Rp. 25.000/jam, selain itu pengunjung akan didampingi instruktur professional dari Komunitas Panahan yang akan mengajarkan dasar-dasar memanah. Bagi pengunjung yang berminat berkuda akan disewakan kuda dengan budget Rp. 25.000/putaran dan juga didampingi  pelatih professional. (*)

Reporter:

Pristi Hapsari

Editor:

Harun AR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here