JAKARTA–RENTAKNEWS.COM: Buah naga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk juga kulit. Buah ini diketahui memiliki vitamin C dan B2 yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, buah naga juga ampuh untuk mengatasi peradangan akibat jerawat serta membuat kulit sehat dan tampak lebih bercahaya.

IKLAN

Bagi yang ingin menjaga kulit agar selalu dalam kondisi sehat, mungkin bisa mengkonsumsi buah naga secara rutin sebagai salah satu pilihan. Karena tak hanya memiliki antioksidan yang dapat menyehatkan kulit saja, ada sejumlah manfaat lain dari buah naga untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari

Untuk anda yang beraktivitas di luar ruangan dan rentan terkena paparan sinar matahari tentunya membutuhkan perlindungan ekstra agar kulit tetap sehat. Selain melindungi kulit dari luar dengan mengoleskan sunscreen, kamu bisa pula menggunakan buah naga untuk memberi perlindungan yang maksimal secara alami. 

Menurut penelitian yang dipublikasi di International Journal of Research in Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, untuk memperoleh hasil yang maksimal kamu disarankan untuk mengonsumsi jus buah naga setiap hari, serta rutin mengaplikasikan krim buah naga sebelum keluar rumah. Setelah dioleskan ke kulit, diamkan beberapa saat lalu dibilas menggunakan air dingin.

Buah naga ini memang diketahui memiliki kandungan vitamin B3 untuk bantu menenangkan kulit yang terbakar matahari, serta mengatasi peradangan dengan cepat yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

2. Bantu mengatasi jerawat

Mengoleskan buah naga bisa membantu mengurangi jerawat dikarenakan buah ini memiliki kandungan vitamin C. Vitamin yang juga berfungsi sebagai antioksidan ini juga dapat membuat kulit kamu tetap sehat dan bercahaya.

Untuk menggunakan buah naga, kamu perlu mengambil semua dagingnya terlebih dulu dan haluskan dengan garpu sampai menjadi pasta. Kemudian oleskan pasta buah naga tersebut pada kapas dan aplikasikan ke area yang berjerawat. Pastikan anda menggunakan kapas yang berbeda untuk mengaplikasikannya di area lain agar lebih bersih dan kulit terhindar dari bakteri.

3. Membuat kulit lebih bercahaya

Vitamin C dalam buah naga dapat membantu melindungi kulit anda agar bebas kusam sehingga terlihat lebih segar. Untuk mendapatkan manfaat ini, anda bisa mengoleskan pasta buah naga langsung ke kulit ataupun dengan rutin mengkonsumsi jus buah naga. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan kulit yang lebih sehat dan tampak bercahaya.

4. Mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas

Buah naga bisa mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Senyawa oksigen reaktif ini diketahui dapat merusak sel tubuh bila kadarnya terlalu berlebihan. Selain itu, radikal bebas bisa menyebabkan penuaan dini, serta membuat kulit

mengalami dehidrasi. Berdasarkan laporan dari International Journal of Research in Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, untuk menghindari masalah tersebut kamu bisa mengaplikasikan pasta buah naga sebagai krim wajah seminggu sekali. Oleskan pula pada bagian leher, kemudian bilas dengan air hangat setelah didiamkan selama 20 menit.

5. Berfungsi sebagai pelembab alami

Buah naga pada dasarnya adalah pelembab alami karena mengandung sekitar 80 persen air dan dikemas dengan vitamin dan antioksidan yang penting untuk kulit. Antioksidan bisa mengendalikan radikal bebas yang disebabkan oleh polusi udara, asap rokok, alkohol, dan lainnya yang membuat kulit mengalami kerusakan. Salah satu cara terbaik untuk menggunakan buah naga sebagai pelembab adalah dengan mengoleskan pastanya langsung pada kulit. (*)

Sumber:

Kumparan Woman

Editor:

Pristi Hapsari Hasugian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here