SIPIROK—RENTAKNEWS.COM: Lain dari yang lain, sekelompok komunitas pemuda di Tapanuli Selatan punya cara tersendiri dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda yang dirangkaikan dengan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang waktunya bersamaan pada Rabu (28/10/2020). Mereka memilih suatu tempat yang cukup istimewa bagi masyarakat Tapsel yaitu Puncak Simago-mago, Sipirok.

IKLAN

Kegiatan ini diinisiasi dan dikoordinir Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) Tapanuli Selatan yang diketuai Abdul Hamid Harahap dan langsung bertindak sebagai Pembina Upacara pada kesempatan itu. Upacara Peringan Hari Sumpah Pemuda yang ke-92 ini diikuti berbagai elemen organisasi pemuda di Tapsel dan sekitarnya seperti Tabagsel Share, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Padangsidimpuan, MRI Aksi Cepat Tanggap (ACT) Padangsidimpuan, Rumah Qur’an (RQ) Ukhwatunnisa, RQ Kaffah, Muslimah Kaffah dan Tamaddun. Usai upacara, dilanjutkan dengan Deklarasi dan Kajian Sirah Nabawi.

JPRMI Tapsel

Dalam sambutannya, Abdul Hamid Harahap mengatakan peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Maulid Nabi Muhammad SAW semestinya menambah spirit baru bagi pemuda dalam memberikan kontribusi untuk agama dan negara. “Rasulullah selalu melibatkan pemuda dalam setiap agenda-agenda dakwah karena dalam diri pemuda selalu terdapat harapan baru,” kata Abdul Hamid.

Sedangkan Ustad Awaluddin Hasan dalam kajiannya menyampaikan tiga aspek penting yang harus dijaga pemuda muslim yaitu ruhiyah, fikriyah dan jasadiyah. “Jika ingin menjadi anak muda yang memberi kontribusi lebih untuk ummat, kuncinya adalah tiga aspek tersebut,” ujar Ustadz Awaludin.

Rangkaian acara kemudian ditutup dengan acara sarasehan komunitas, yang kemudian disepakati dibentuknya Forum Silaturahmi Komunitas Pemuda Tabagsel yang berfungsi sebagai jaringan silaturahim dan soliditas antar komunitas. (*)

Reporter:

Abdul Aziz

Editor:
Harun AR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here