PEMATANGSIANTAR—RENTAKNEWS.COM: Kapolres Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar menjanjikan hadiah Rp. 40 juta bagi masyarakat yang berhasil mengungkapkan kasus narkoba senbanyak satu kilogram. Hal itu diungkapkan Boy saat menggelar konferensi pers tentang keberhasilan jajaran Polres Pematangsiantar mengungkap kasus narkoba selama tiga bulan terakhir ini di Mapolres Pematangsiantar. Rabu (04/11/2020).

IKLAN

Boy yang belum cukup 100 hari menjabat Kapolres Pematangsiantar berterima kasih pada jajarannya yang sudah berhasil mengungkap kasus narkoba dengan tersangka berjumlah 53 orang, tiga orang diantaranya wanita dengan barang bukti 38 kg narkoba. Dalam konferensi pers tersebut, Boy memperlihatkan barang bukti berupa 137,53 gram sabu, 2.852.92 gram ganja dan dua butir pil ekstasi.

“Saya tekankan, kepada masyarakat tanpa terkecuali termasuk rekan media yang memberikan informasi peredaran narkoba dan berhasil mengungkapkan sebanyak satu kg, akan diberi hadiah Rp. 40 juta, Rp. 20 juta dari saya dan Rp. 20 juta dari Kasat Narkoba, jadi jumlahnya Rp. 40 juta. Tapi harus akurat dan berhasil diungkap, bukan sekadar informasi,” kata Boy lagi.

Kepala BNNP Sumut Brigjenpol Drs. Atrial, SH dalam suatu acara di Medan beberapa waktu lalu mengatakan bahwa badan dunia yang mengurus masalah narkotika United Nations Office on Drugs and Crime (UNOCD) mencatat setidaknya ada 271 juta jiwa di seluruh dunia atau 5,5 persen dari populasi penduduk dunia dengan rentang usia antara 15 sampai 64  tahun telah mengonsumsi narkoba di tahun 2017.

“Di Indonesia, BNN dan LIPI mencatat angka prevalensi penyalahgunaan narkotika mencapai 1,8 persen atau setara dengan 3.419.188 jiwa dan sebahagian besar adalah generasi muda yang merupakan modal dan asset bangsa di masa depan. Ternyata berdasarkan data itu, Provinsi Sumatera Utara menempati urutan pertama sebagai provinsi dengan jumlah penyalahgunaan terbesar di Indonesia,” kata Atrial sebagaimana dikutip Rentaknews.com.(*)

Reporter:

Samhadi P

Editor:

Harun AR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here