1 Desember 2021

Pilkada Simalungun, Ketua Tim RHS-ZW Minta ASN Netral

SIMALUNGUN—RENTAKNEWS.COM: Ketua Tim Pemenangan  Calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun Radiapoh Hasiolan Sinaga-Zonny Waldi (RHS-ZW) Crismes Haloho meminta agar Aparat Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemkab Simalungun bertindak netral dalam proses Pilkada Simalungun yang sedang berproses. Permintaan Crismes ini berkaitan dengan teguran Irjen Kemendagri yang disampaikan kepada Bupati Simalungun JR Saragih berkaitan dengan dugaan keberpihakan ASN Simalungun kepada salah satu calon yang ternyata adalah abang kandung JR Saragih.

“Keberadaan ASN di pelaksanaan Pilkada Kabupaten Simalungun yang akan digelar pada tanggal 9 Desember 2020 nanti akan menjadi pusat perhatian dan sangat sexy untuk dibicarakan. Kita patut mengingatkan para ASN untuk tetap berada di posisi netral dalam Pilkada Kabupaten Simalungun ini. Netralitas yang kita maksud, para ASN jangan berpihak kepada salah satu paslon Bupati dan Wakil Bupati yang ada hubunganya dengan Bupati saat ini,” kata Chrismes Haloho pada wartawan saat jumpa pers di Posko Pemenagan RHS-ZW, Rabu (04/11/2020).

Inspektur Jendral Kemendagri, Tumpak Hasiholan Simanjuntak telah melayangkan surat teguran kepada 67 kepala daerah, termasuk Bupati Simalungun JR Saragih, Selasa (27/10/2020).

Berdasarkan data dari Kementerian Dalam Negeri hingga Senin, 26 Oktober 2020 terdapat 131 kepala daerah mendapat sanksi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) atas pelanggaran netralitas oleh ASN di 67 pemerintahan daerah yang belum ditindaklanjuti selaku kepala daerah sebagai Penjabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Sesuai dengan PP No. 12 tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan penyelenggara Pemerintahan Daerah, Kepala Daerah diberikan waktu tiga hari setelah menerima surat teguran dari Kemendagri untuk menindaklanjuti rekomendasi KASN.(*)

Reporter:

Syamhadi PT

Editor:

Harun AR

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram