7 Desember 2021

Tanaman Hias Gantung Mampu Mempercantik Ruangan

JAKARTA–RENTAKNEWS.COM: Menghiasi ruangan dengan tanaman hias memiliki serangkaian manfaat. Selain mampu mempercantik ruangan, tanaman hias juga memberikan manfaat kesehatan bagi penghuni rumah.

Banyak studi menunjukkan bahwa tanaman dapat membantu menurunkan tingkat stres dan polusi udara di dalam ruangan. Nah, buat kamu yang tinggal di rumah sempit, apartemen, atau kamar kos namun tetap ingin memiliki tanaman hias di dalam ruangan, tidak perlu meletakkannya di lantai. Tanaman hias dapat digantung, sehingga ruangan lebih cantik dan nyaman.

Jendela yang menghadap ke selatan adalah lokasi yang tepat untuk menggantung tanaman hias yang membutuhkan sinar matahari yang cukup. Namun, banyak juga tanaman hias gantung yang hanya membutuhkan sedikit paparan sinar matahari. Berikut 8 tanaman hias yang cocok digantung di ruangan.

1. Lili Paris (Spider plant)

Spider plant adalah tanaman hias yang kerap digantung di ruangan lantaran memiliki daun panjang dengan motif garis yang memperkaya dekorasi. Untuk menempatkannya, gantung spider plant di area yang terkena cahaya matahari cukup, meskipun tanaman ini bisa beradaptasi dengan cahaya matahari yang minim. Siram tanaman bila tanahnya mulai mengering.

2. Sirih gading (Pothos)

Tanaman hias ini cocok buat pemula karena sangat mudah dirawat. Sirih gading dapat bertahan selama berminggu-minggu tanpa air dan cahaya matahari. Tanaman yang juga dikenal dengan nama Devil’s Ivy ini sebaiknya tidak terkena cahaya matahari langsung. Sirami ketika sudah tanpak mengering tanahnya.

3. Anggrek

Anggrek sudah lama dikenal sebagai tanaman hias di rumah, baik di dalam maupun di luar ruangan, digantung maupun ditempatkan di lantai atau meja. Anggrek dapat terus berbunga selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, asalkan mendapatkan cahaya matahari yang cukup dan tidak langsung. Sirami setiap minggu.

4. Daun ivi (English ivy)

English ivy adalah tanaman epifit, yang mampu tumbuh tanpa tanah. Tanaman ini pun sangat mudah dirawat, sehingga cocok untuk pemula dalam perawatan tanaman hias. Tempatkan English ivy di area yang terkena cahaya matahari dan sirami secara rutin dengan menggunakan semprotan.

5. Boston fern

Tanaman yang masuk dalam keluarga tanaman paku dan pakis ini harganya murah dan lazim menjadi tanaman hias di rumah. Perlu diperhatikan, tanaman ini membutuhkan pencahayaan yang konstan dan tingkat kelembaban yang tinggi. Daunnya pun gugur secata rutin, jadi kamu harus rajin menyapu.

6. Philodendron heartleaf

Tanaman hias ini memiliki daun yang licin dan berbentuk hati. Philodendron heartleaf juga cenderung menggantung, sehingga mampu menambah dekorasi di ruangan. Tanaman ini membutuhkan cahaya matahari yang cukup namun tidak langsung.

7. Arrowhead

Tanaman hias yang mirip keladi ini memiliki bentuk daun serupa anak panah dengan semburat warna perak. Sehingga, tanaman ini akan mempercantik ruangan jika digantung. Tanaman ini pun tidak membutuhkan perawatan khusus, sehingga cocok bagi pemula. Pastikan arrowhead mendapatkan cahaya yang cukup dan tanahnya sedikit lembab.

8. Suplir (Maidenhair fern)

Suplir dikenal sejak lama sebagai tanaman hias di rumah. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tanaman ini membutuhkan tingkat kelembaban yang tinggi, setidaknya 50 persen. Oleh sebab itu, suplir cocok digantung di kamar mandi yang terkena cahaya matahari langsung atau di halaman belakang rumah yang mendapat cahaya matahari dan kelembaban tinggi.(*)

Sumber:

Kompas.com

Editor:

Pristi Hapsari Hasugian

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram