5 Desember 2021

Prof. Abdul Rauf, Sumur Resapan Menjaga Ketersediaan Air Bersih untuk Warga Kota Medan

MEDAN—RENTAKNEWS.COM: Guru Besar Fakultas Pertanian USU Prof. Dr. Ir Abdul Rauf menilai sumur resapan yang saat ini sedang ramai dibicarakan sebagai alternatif penanggulangan banjir di lingkungan perkotaan sebenarnya dapat juga berfungsi menjaga ketersediaan air bersih untuk warga.  Untuk itu diperlukan pemahaman atau sosialisasi kepada warga kota terhadap manfaat lain dari sumur resapan itu.

Hal itu diungkapkan pakar konservasi alam itu dalam diskusi terbatas dengan jajaran redaksi Rentaknews.com di Sobat Cafe Jalan Gagak Hitam Medan, Kamis, (05/11/2020). Hadir dalam diskusi itu Direktur Utama PT Utama Rentak Media Muhammad Arif, SE, MM sebagai perusahaan badan hukum Rentaknews.com, Pemimpin Umum Rentaknews.com Ir. Heri Batangari Nasution, MPsi, Pemimpin Perusahaan Rentaknews.com Abdul Aziz, ST dan Managing Editor Rentaknews.com Drs. Harun Al Rasyid dan beberapa pakar lingkungan.

Dalam kesempatan itu Prof. Rauf mendorong media massa untuk berada di garda terdepan dalam mensosialisasikan manfaat sumur resapan ini. “Kita harus menimbulkan kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan dan itu harus disosialisasikan secara terus menerus oleh media massa. Kalau media massa tiap hari memuat berita konservasi alam, lama-lama masyarakat akan berubah cara pikirnya,” kata Abdul Rauf lagi.

Menurut Prof. Rauf, saat ini LPPM USU didukung USAID dan IUWASH sedang membangun beberapa prototype sumur resapan di Kabupaten Simalungun. Kota Medan yang rawan banjir hendaknya juga memakai konsep sumur resapan ini bisa untuk disosialisasikan kepada masyarakat dan pemerintah. Gubernur DKI Anies Baswedan dikabarkan juga berencana membangun ribuan sumur resapan untuk penanggulangan banjir di  Jakarta.

“Selain manfaat utama untuk menanggulangi banjir saat curah hujan turun cukup tinggi, sumur resapan mempunyai banyak manfaat. Selama ini kita selalu mengatakan kekurangan air bersih, padahal curah hujan kita sangat tinggi karena selama ini kita tidak menyimpan air itu dalam tanah tapi selalu membuangnya ke laut,” kata Prof. Rauf.

Beberapa manfaat sumur resapan itu adalah menahan dan menanggulangi air larian (run off) sehingga dapat menanggulangi banjir atau genangan air di permukaan tanah serta menghindari kemungkinan tanah longsor. Meresapkan air hujan (run off) ke dalam tanah  sehingga menjadi cadangan air bersih dalam tanah. Menjaga kualitas sumber air tanah sebagai sumber air bersih. Menjaga kesuburan tanah dan lain-lain.

“Logikanya sumur resapan dapat menambah jumlah air yang masuk ke dalam tanah sehingga dapat menjaga keseimbangan hidrologi air tanah agar tak selalu mengalir langsung ke laut. Air dari sumur resapan itu akan mengisi pori-pori tanah dan akan menjaga terjadinya erosi,” kata Abdul Rauf lagi.

Prof. Abdul Rauf mendukung rencana Rentaknews.com mengadakan focus group discusion untuk membahas lebih lanjut soal sumur resapan ini dengan melibatkan stakeholder dan kelompok kepentingan lain. FGD akan diadakan pada hari Kamis tanggal 19 November 2020. (*)

Reporter:

Abdul Aziz

Editor:

Harun AR

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram