9 Desember 2021

Pengadilan Tolak Praperadilan Ketua KAMI Medan

MEDAN–RENTAKNEWS.COM: Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan menolak praperadilan terhadap Ketua Komite Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Medan Ir. Khairi Amri, Rabu (11/11/2020).

Sidang yang dilaksanakan di Ruang Cakra Utama, Pengadilan Negeri Medan tersebut mendapat pengawalan dari personel Brimob Polda Sumut. Sidang dipimpin hakim tunggal Syafril P Batubara. Hakim menolak permohonan pihak pemohon, Khairi Amri.

“Mengadili, dalam eksepsi, menolak eksepsi termohon untuk seluruhnya. Dalam pokok perkara, menolak permohonan praperadilan untuk seluruhnya,” ucapnya.

Hakim juga menilai bahwa penangkapan dan penahanan Amri sah dan telah sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku.

“Penangkapan dan penahanan serta status tersangka dinilai sah dan telah sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku,” jelasnya.

Mendengar putusan majelis hakim tersebut, kuasa hukum pemohon Khairi Amri, Mahmud Irsyad Lubis, mengaku kecewa. Namun, dia tetap menghargai keputusan hakim.

“Kami kecewa karena majelis hakim menolak dalil permohonan tanpa mempertimbangkan keterangan saksi ahli dan alat bukti,” kata Mahmud.

Selanjutnya Mahmud mengatakan akan melakukan eksaminasi terhadap putusan tersebut. “Walau kecewa, kami akan lakukan eksaminasi untuk kedepan. Insyaallah dalam waktu dekat kami akan bekerja sama dengan ahli yang di Jakarta dan beberapa Universitas untuk melakukan eksaminasi terhadap putusan itu,” ucapnya.

Sementara itu, kuasa hukum termohon, AKBP Ramles Napitupulu, menilai putusan majelis hakim sudah tepat dan benar dengan pertimbangan yang cukup. Ia menyebutkan, saat ini penyidikan oleh Polrestabes Medan bekerja sama dengan Bareskrim Mabes Polri.

“Putusan majelis hakim PN Medan sudah tepat dan benar,” katanya. (*)

Reporter:

Arif P Putera

Editor:

Pristi Hapsari Hasugian

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram