1 Desember 2021

Tidak Netral, GEMAPSI Laporkan Sekda Simalungun Kepada Mendagri

SIMALUNGUN—RENTAKNEWS.COM: Diduga tidak netral dan melakukan kampanye  mendukung salah satu pasangan calon bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Simalungun Mixnon Andreas Simamora dilaporkan Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (GEMAPSI) kepada Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri), Komisi ASN dan Gubsu selaku Pejabat Pembina Kepegawaian Sumatera Utara. Bersama Sekda juga dilaporkan Kepala Dinas Pendidikan dan sejumlah Camat di Kabupaten Simalungun.

Sekda Simalungun Mixnon Andreas Simamora

Ketua GEMAPSI Anthony Damanik SP saat dikonfirmasi Senin (16/11/2020) membenarkan telah melaporkan sejumlah pejabat di Kabupaten Simalungun, sesuai dengan surat nomor: GEMAPSI/O97/Lap/ASN/XI/Sml. “Iya benar barusan kita laporkan dan sudah diterima staf di Kemendagri,” ujarnya.

Lebih lanjut Anthony mengatakan bahwa berdasarkan bukti yang ada, para ASN itu secara terstruktur dan sistematis diperintahkan oleh Bupati Simalungun JR Saragih untuk memenangkan saudara kandungnya yang ikut dalam Pilkada Simalungun pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Menurut Anthony, upaya pemanfaatan ASN untuk memenangkan paslon nomor urut 4 Anton Achmad Saragih-Rospita Sitorus sudah mengakar sampai ASN golongan terendah. Padahal menurut Pasal 71 UU No. 7 tahun 2016 Pejabat Negara, Pejabat Daerah, Pejabat Aparatur Sipil Negara, anggota TNI/Polri dan Kepala Desa atau Lurah dilarang membuat keputusan dan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

Ketua dan Sekretaris GEMASI di Komisi ASN

“Kami minta Mendagri, KASN dan Pejabat Pembina Kepegawaian mengambil langkah tegas dan cepat serta memberikan sanksi tegas kepada para ASN yang melanggar ketentuan UU itu,” katanya lagi.(*)

Reporter:

Syamhadi P Tambak

Editor:

Harun AR

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram