MEDAN–RENTAKNEWS.COM: Seluruh petugas Kelompok Penyelenggara Pungutan Suara (KPPS) dan Linmas yang bertugas di Pilkada Medan 2020 menjalani rapid test, Senin (16/11/2020). Calon petugas yang dinyatakan reaktif Covid-19 berdasarkan tes cepat secara otomatis akan digugurkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

IKLAN

Pelaksanaan rapid test dilakukan dengan memberlakukan protokoler kesehatan. Seluruh peserta mulai KPPS maupun Linmas terlebih dahulu mendaftar di meja pendaftaran.

Usai registrasi, seluruh calon petugas KPPS selanjutnya diminta untuk mengambil nomor antrean dan diberi alat tes cepat. Setelah mendapatkan alat rapid test, masing-masing mengambil sampel darah dan selanjutnya dimasukkan untuk diuji.

Staf KPU Kota Medan, Ratna mengatakan pelaksanaan tes cepat ini akan berlangsung hingga 19 November 2020. Khusus hari ini, petugas KPPS dan Linmas yang menjalani rapid test yakni di Kecamatan Medan Sunggal, Kecamatan Medan Timur, dan Kecamatan Medan Polonia.

“Hari ini kami melaksanakan rapid test untuk KPPS dan Linmas,” kata Ratna.

Di Kecamatan Medan Timur, rapid test digelar di empat kelurahan, yakni Kelurahan Durian, Gaharu, Perintis dan Sidodadi.

Total peserta yang menjalani rapid test sebanyak 504 orang. Peserta yang hasil tes cepatnya positif nantinya otomatis akan digantikan.

“Sesuai dengan peraturan, dalam pelaksanaan ini nanti dikumpulkan. Nah jika ada peserta yang reaktif langsung digantikan, itu sesuai peraturan,” jelas Ratna.

Reporter:
Dewani N Dalimunthe
Editor:
Arif P Putera

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here