9 Desember 2021

Setahun Fahmi Ummi, Bunga-bunga Itu Harus Tetap Indah

MEDAN–RENTAKNEWS.COM: Susahkah memimpin organisasi Ummi-Ummi? Ternyata tidak malah senang karena ummi-ummi (baca: ibu-ibu ) adalah sosok yang luar biasa. Mereka hebat-hebat karena bisa berperan multi fungsi. Sebagai seorang istri dan ibu, merekan adalah seorang chief terbaik bagi suami dan anak-anaknya. Mereka juga seorang manager keuangan yang handal sehingga mampu memenej penghasilan suami untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Mereka sebagai adalah guru terbaik, kritikus terbaik, sahabat terbaiknya dan pokoknya semua yang terbaiklah untuk mereka. Tapi yang terpenting yang harus diakui, peran itu semua tak bisa dilakukan seorang pria. Luar biasa ngak tu?

“Alhamdulillah saya sangat senang dipercaya memimpin FAHMI UMMI karena selain bertambahnya saudara juga merasa senang karena dipertemukan dengan ummi-ummi yang hebat-hebat. Meski menghadapi banyak persoalan tapi persoalan itu dianggap bunga-bunga kehidupan. Bunga-bunga itu harus dijaga supaya tetap indah,” kata Ummi Ir. Mislaini Suci Rahayu, M.Ec.Dev., Sang Ketua Umum Pengurus Pusat Forum Silaturrahim Ummi Muslimah Indonsia (FAHMI UMMI) dalam sebuah wawancara khusus dengan Rentaknews.com menyambut satu tahun berdirinya FAHMI UMMI, Kamis (19/11/2020).

Dibentuk pertama kalinya di Medan pada tanggal 09 November 2019 bertepatan dengan 12 Rabi’ul Awal 1441H, FAHMI UMMI merupakan sebuah organisasi muslimah yang dibentuk berdasarkan kesadaran dan kepedulian perempuan muslim sebagai pilar perubahan kehidupan masa depan bangsa dan negara menuju kehidupan lebih baik. Organisasi ini berkantor pusat di Medan dengan jangkauan kerja seluruh wilayah Indonesia.

 “Di FAHMI UMMI kami berjuang untuk kepentingan umat. Tentu saja banyak pembelajaran yang didapat dan itu menjadi cerminan diri agar bisa menjadi umat terbaik juga,” kata Alumnus FMIPA USU ini.

Didampingi Sekretaris Umum Dra. Tengku Nazariah dan seluruh pengurus, FAHMI UMMI sudah melaksanakan berbagai kegiatan yang berkaitan langsung dengan kepentingan masyarakat banyak, khususnya umat Islam. Dalam hal pengembangan organisasi, sudah berhasil dibentuk Pengurus Wilayah di beberapa Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara, antara lain Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Asahan, Batu Bara, Langkat, Binjai, Siantar, dan beberapa daerah lain yang sedang mempersiapkan kepengurusan. Ada beberapa daerah yang belum sempat dilantik akibat pandemi Covid-19.

“Ditargetkan tahun 2021 sudah terbentuk seluruh kepengurusan wilayah di Provinsi Sumatera Utara. Beberapa daerah seperti Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Aceh, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Yogyakarta juga sedang dalam proses pembentukan dan Insya Allah akan dilantik pada 2021 yang akan datang,” kata Mislaini lagi.

Sementara itu kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulan adalah melaksanakan Sholat Tasbih Berjamaah disertai dengan ceramah agama, dzikir dan do’a. FAHMI UMMI juga menyelenggarakan pelatihan-pelatihanberbagai keterampilan untuk pengembangan kemampuan anggota FAHMI UMMI yang diharapkan dapat memberikan manfaat secara langsung kepada seluruh anggota dan masyarakat secara umum.

Bekerja sama dengan Majelis Daerah Korps Alumni HMI (MD KAHMI) Kota Medan. FAHMI UMMI melaksanakan kegiatan berbagi dengan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, antara lain seperti pembagian 4.000 paket sembako, 4.000 buah masker, 4.000 botol hand sanitizer, 200 unit baju Hazmat kepada 30 Puskesmas dan Tenaga Medis dan penyemprotan desinfektan di 40 masjid dan sekolah tahfiz yang ada di Medan, Deli Serdang, Langkat, dan Batu Bara.

Pengurus Pusat FAHMI UMMI juga menjalin kerjasama dengan PMI Kota Medan dalam kegiatan Rutin Donor Darah. Bersama BKM Masjid Ar Rahman di Desa Peria-ria, Kecamatan Biru-biru, Kabupaten Deli Serdang dilaksanakan kegiatan pendampingan bagi para muallaf dengan menempatkan seorang ustadz di sana. Kegiatan ini sudan direncanakan beberapa daerah yang akan dilakukan pendampingan bagi para mu’alaf dengan menempatkan Ustadz di daerah tersebut.

 Selain itu, pada Hari Raya Idul Adha 1441 lalu, Pengurus Pusat FAHMI UMMI melakukan tebar daging qurban ke beberapa daerah, antara lain di Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Pakpak Bharat, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Batu Bara, dan Kabupaten Labuhanbatu.

Dalam rangka memperingati setahun FAHMI UMMI akan diadakan kegiatan Milad ke-1 FAHMI UMMI dengan melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan seperti: donor darah, pemberian santunan kepada anak  yatim dan dhuafa, khitanan dan bazar. Juga diisi dengan do’a bersama dengan pembacaan Yassin 41, hadrah dan penyerahan cendera mata pada ustadz pendamping. Semua acara ini dilaksanakan pada puncak Peringatan Milad ke-1 pada hari Ahad tanggal 22 November 2020 di Asrama Haji Medan. Namun untuk mengantisipasi kondisi pandemi Covid-19  maka kegiatan ini akan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Adapun kegiatan khitanan akan dilakukan di daerah binaan FAHMI UMMI sedangkan santunan untuk anak yatim akan diberikan langsung. Peringatan Milad ke-1 FAHMI UMMI ini dipimpin Ketua Panitia Agus Wina Maya dan Sekretaris Panitia Elvi Hadriany, S.P., M.Psi.

Pada acara ini juga akan dilantik Pengurus Koordinator Wilayah Provinsi Sumatera Utara, Pengurus Cabang Kabupaten Deli Serdang yakni Kecamatan Sunggal, Biru-biru, dan Deli Tua. Bersamaan dengan itu juga dilaksanakan pelantikan Pengurus LASKAR FAHMI bagi anak laki-laki dan Pengurus FAHMI ANNISA bagi anak perempuan.

“Ini merupakan wujud pembinaan generasi muda Islam oleh FAHI UMMI yang dimulai dari keluarga besar FAHMI UMMI untuk dikembangkan ke seluruh generasi muda Islam yang ada di Indonesia,” kata Sekretaris Panitia Elvi Hadriany.

 Gubernur Sumatera Utara Letjen TNI (Purn.) H. Edy Rahmayadi dan ibu Nawal lubis dijadwalkan akan menghadiri Milad ke-1 FAHMI UMMI yang bertema “Merajut Silaturrahim, untuk Membangun FAHMI UMMI menuju Ukhuwah Masyarakat Sejahtera dalam Ridha ALLAH SWT”. Juga akan hadir Anggota DPR RI Romo H. Raden Muhammad Syafii sebagai Pembina FAHMI UMMI dan tokoh-tokoh organisasi perempuan muslim, tokoh-tokoh agama dan masyarakat. Setiap tamu/undangan akan diberikan paket masker dan pencuci tangan.

“Kami memohon do’a dan dukungan dari semua pihak agar kegiatan Milad ke-1 FAHMI UMMI ini bisa terlaksana dengan baik sehingga FAHMI UMMI dirasakan manfaatnya oleh masyaraka,” kata Mislaini mengakhiri wawancara khusus ini.(*)

Reporter:

An Jambak

Editor:
Harun AR

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram