SIMALUNGUN—RENTAKNEWS.COM: Pilkada Kabupaten Simalungun ternyata membawa berkah bagi pasangan Ngatimin (35 tahun) dan Fitri Sidauruk (27 tahun) dan anak semata wayang mereka Putra Pratama yang sejak lahir mengalami kelainan pada saluran air seni atau kencingnya.

IKLAN

Hari itu tanggal 27 Agustus 2020 di rumah seorang warga bernama Saimun diadakan kegiatan sosialisasi visi dan misi Calon Bupati Radiapoh Hasioan Sinaga (RHS) Agustus 2020. Warga Huta Purwosari Atas, Nagori Dolok Mainu, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kabupaten Simalungun ini ikut menghadiri kegiatan itu.

Saat itulah kepada RHS diutarakan kondisi Putra Pratama yang sangat memerlukan biaya cukup besar, sementara mereka adalah keluarga yang kurang mampu. Ngatimin hanyalah seorang pekerja serabutan yang hanya memiliki uang jika ada pekerjaaan.

Ternyata RHS terketuk hatinya dan secara spontan menyatakan untuk membiaya pengobatan Putra Pratama  sampai sembuh. Mereka lalu foto bersama. “Yang penting Pak Ngatimin dan ibu Fitri, sebagai orangtuanya tetaplah menjaga kesehatan. Masalah anak ini, akan saya biayai pengobatannya,” kata Fitri Sidauruk menirukan ucapan RHS usai berfoto dengan mengendong Putra Pratama waktu itu.

Menurut Fitri, sejak lahir tiga tahun lalu, Putra Pratama sudah mengalami kelaianan pada saluran pembuangan air seninya. “Setiap anak saya buang air kecil, tidak seperti lazimnya anak laki-laki melalui batang zakarnya, tetapi persis melalui saluran kecil di bawah pelirnya,” kata Fitri Ningsih Sidauruk kepada wartawan di ruang tunggu pasien menjalani operasi Lantai 6 RSU Vita Insani Jalan Merdeka, Kota Pematangsiantar, Jumat (20/11/2020).

Selama kurun waktu itu juga, Fitri dan Ngatimin merasa galau dan prihatin melihat kondisi putra mereka. Apalagi, setelah mendapatkan informasi dari orangtua yang anaknya juga mengalami penderitaan sama, harus mengeluarkan biaya pengobatan mencapai puluhan juta rupiah.

“Dari  mana uang sebesar itu, pekerjaan suami saya hanya serabutan, kalau ada kerjaan ya baru ada uang. Tidak tahulah, bagaimana menggambarkan perasaan hati kami. Jika melihat keadaan anak kami ini, ya seringlah kami menangis,” kenang Fitri Sidauruk.

Selang beberapa hari setelah acara sosialisasi itu, Tim Khusus Pemenangan RHS-ZW yang dikoordinasi Khairuddin Harahap membawa Putra Pratama ke RSUP Adam Malik di Medan untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dan rencana tindakan yang akan dilakukan.

“Sembilan kali dilakukan pemeriksaan di RSUP Adam Malik namun kondisi kesehatan Putra Pratama tidak memungkinkan untuk dilakukan tindakan operasi. Tim dokter RSUP Adam Malik memutuskan agar Putra Pratama dirawat dulu di RSU Vita Insani sampai kondisinya memungkinkan untuk dilakukan tindakan,” kata Khairuddin Harahap.

Setelah kondisi Putra Pratama membaik pada Jum’at (20/11/2020) dilakukan operasi yang ditangan tim dokter RSU Vita Insani yang diketuai Dr. Yacob. Operasi dinyatakan berlangsung sukses dan Putra Pratama dalam keadaan sehat tinggal memulihkan kondisi.

Ngatimin dan istrinya pun menyatakan bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada RHS atas kepeduliannya menanggapi permasalahan yang dihadapi mereka.

“Kalau RHS tidak membantu, anak kami tidak akan mengalami perubahan apapun. Kami sangat berterimakasih kepada RHS yang telah melegakan hati dan perasaan kami. Semuanya berjalan dengan baik dan anak kami menjadi normal kembali sebagaimana anak-anak lainnya. Kami berdoa dari hati yang tulus, kiranya Tuhan meringankan langkah RHS untuk memenangkan Pilkada nanti, juga diberikan kesehatan dan kekuatan. Beliau itu sungguh baik dan peduli terhadap orang yang tidak mampu dan yang benar-benar membutuhkan pertolongan,” kata Fitri Sidauruk. (*)

Reporter: Syamhadi Purba

Editor: Harun AR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here