7 Desember 2021

Gubsu Edy Rahmayadi Pada Milad I FAHMI UMMI: ”Jangan Tinggalkan Kewajiban Mengurus Suami”

MEDAN—RENTAKNEWS.COM: Gubernur Sumatera Utara Letjen TNI (Purn.) H. Edy Rahmayadi mengingatkan seluruh kader dan pengurus Forum Silaturrahim Ummi Muslimah Indonesia (Fahmi Ummi) untuk tidak meninggalkan kewajibannya mengurus suami karena kesibukan mengurus organisasi. Hal itu diungkapkan Gubsu saat memberikan sambutan pada Milad I Fahmi Ummi di Gedung Madinah Al Munawarah Lantai 4 Asrama Haji Jalan Jenderal Abdul Haris Nasution Pangkalan Mashyur Medan, Ahad (22/11/2020).

Dalam kesempatan itu Edy Rahmayadi mengapresiasi kelahiran organisasi emak-emak Fahmi Ummi itu sebagai bentuk kepedulian kaum perempuan terhadap kondisi saat ini. “Kenapa sebuah organisasi terbentuk? Pasti karena ketidakpuasan terhadap kondisi yang terjadi,” kata Edy.

Menurut Edy, dalam sejarah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada tahun 1912 lahir organisasi Muhammadiyah di Jawa Tengah. Kenapa Muhammadiyah lahir? Karena umat Islam Indonesia tidak puas dengan keadaan keterjajahan. Muhammadiyah lahir dengan segala tuntutannya. Namun tuntutan itu tidak terselesaikan dengan baik sehingga pada tahun 1926 di Jawa Timur lahir pula Nahdlatul Ulama.

“Namun terjadi pula konflik antara kaum muda dan kaum tua soal pandangan dan wawasan kebangsaan, maka tahun 1930 di Sumatera Utara lahir pula Al Washliyah. Setahun lalu, tahun 2019 lahir pula di Sumatera Utara Fahmi Ummi sebagai organisasi kaum perempuan yang peduli akan masa depan bangsa yang lebih baik. Dari dulu rakyat Sumatera Utara itu memang pemberontak, pemberontak dalam kebenaran bukan memberontak ingin berbuat yang salah tapi ingin memperjuangkan yang benar,” kata Edy Rahmayadi lagi.

Oleh karena itu Edy Rahmayadi berharap seluruh kader Fahmi Ummi berbuatlah sesuai dengan sumpah yang telah diucapkan, loyal dan istiqomah kepada tujuan organisasi. Tidak akan maju dan berkembang sebuah organisasi jika anggotanya tidak loyal.

“Apapun alasannya harus ada loyalitas, karena tidak akan maju sebuah organisasi jika anggotanya tidak loyal, anggota harus ikut yang dituakan tapi ketua dalam membuat keputusan harus musyawarah dulu, harus untuk kepentingan bersama, tidak kepentingan lain kecuali kepentingan bersama karena lillahi ta’ala, pastikan itu. Kalau bimbang harus istiqarah, minta petunjuk Allah, pastikan hanya karena ridho Allah. Tidak ada cerita lain,” kata Edy yang didaulat menjadi Pembina Fahmi Ummi bersama Romo Raden H. Muhammad Syafe’i.

Mengakhiri sambutannya, Edy Rahmayadi meminta seluruh pengurus Fahmi Ummi untuk tidak meninggalkan kewajibannya kepada suaminya. “Jangan gara-gara mengurus organisasi Fahmi Ummi ini, emak-emak yang jadi pengurus malah mengabaikan suaminya. Urus suami yang benar, suami itu ibarat kucing kalau diabaikan habis tudung saji digasaknya, tapi kalau disayang dan dikasi makanan yang enak dia akan elok budi,” kata Edy Rahmayadi lagi.

Kegiatan Milad I Fahmi Ummi ini berlangsung meriah meskipun masih menerapkan protokol kesahatan Covid-19. Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Kehormatan Fahmi Ummi Ibu Nawal Lubis, Ketua MD HAHMI Medan Prof Dr. H. Hasim Purba, SH, MH, dan Calon Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution, Sekretaris Umum PP Fahmi Ummi Dra. T. Nazariah, dan Sekretaris Panitia Milad I Elvi Hadriany, S.P, M.Psi.

Ketua Umum PP Fahmi Ummi Ir. Misliani Sri Rahayu, M.Ec Dev mengatakan setahun perjalanan organisasi Fahmi Ummi sudah dilaksanakan berbagai kegiatan keummatan yang bermanfaat bagi masyarakat banyak. “Pada tahun 2021 nanti ditargetkan sudah terbentuk kepengurusan Wilayah Fahmi Ummi di seluruh Indonesia. Saat ini anggota Fahmi Ummi sudah mencapai 1.500 orang lebih, “ katanya lagi.

Ketua Panitia Agus Wina Maya dalam laporannya mengatakan Milad I Fahmi Ummi ini bertema “Merajut Silaturrahim Untuk Membangun Fahmi Ummi Menuju Ukhuwah Masyarakat Sejahtera Dalam Ridha Allah SWT”.

Berbagai kegiatan ikut digelar seperti Donor Darah bekerjasama dengan PMI Kota Medan, bazar, khitanan massal dan pemberian santunan kepada kaum dhuafa dan anak yatim. Juga dirangkaikan dengan pelantikan Pengurus Koordinator Wilayah, Laskar Fahmi dan Fahmi Annisa. (*)

Reporter:

An Jambak

Editor:
Harun AR

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram