SIMALUNGUN—RENTAKNEWS.COM: Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Simalungun (MPC PP Simalungun) Elkananda Shah, membuktikan keseriusannya mendukung proses pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang jujur, adil dan damai.

IKLAN

Elkananda Shah menginstruksikan seluruh kader PP dari tingkat MPC sampai ke anak ranting untuk melakukan pengawasan di nagori (desa) masing masing serta di kecamatan guna membantu kekondusifan tempat pelayanan publik agar tidak diintimidasi maupun dijadikan sebagai tempat terjadinya pelanggaran dan kecurangan proses Pilkada oleh pihakpasangan calon (paslon) tertentu.

“Untuk tahapan atau proses Pilkada, kami  sudah menginstruksikan kepada seluruh kader sampai ke tingkat anak ranting untuk memantau dan mengawasi guna mencegah adanya tindak kecurangan,” ucap Nanda, Kamis 26 November 2020.

Menurutnya intruksi yang langsung dijalankan oleh seluruh kader PP Simalungun tersebut membuahkan hasil.

“Terbukti dengan apa yang kami jalankan banyak temuan tindak kecurangan tersebut dan ini sudah kami laporkan ke Bawaslu dan KASN,” bilangnya.

Dirinya mengatakan bahwa semua kecurangan tersebut berjalan secara ‘terstruktur sistematis dan masif’ (TSM). “Semua yang kami duga pelanggaran tersebut tampak berjalan secara TSM, karena dilakukan mulai dari kepala daerah (Bupati), Sekda sampai Pangulu (kepala desa) dan Gamot dan ini kami duga masih terjadi,” tegasnya.

Ditambahkannya lagi, Pihaknya mengerahkan 2.000 kader PP Simalungun untuk mengawasi pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember mendatang.”

Nanda menerangkan bahwa 2.000 kader tersebut akan disebar untuk melakukan pengawasan di tiap tempat pemungutan suara (TPS) dan kantor kecamatan.

“Setiap TPS akan diawasi oleh satu kader dan tiap kantor kecamatan akan diawasi oleh enam  orang kader, semua ini bekerja selama proses pencoblosan dan penghitungan di kantor kecamatan,” ungkapnya.

Menurut Nanda, hal itu dilakukan karena kecintaanya kepada Simalungun. “Kami melakukan ini karena kami cinta Simalungun ini, kami mau Pemimpin Simalungun kelak bukan yang berasal dari kecurangan, kami mendukung proses pilkada yang jujur dan adil,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat menjelang pelaksanaan Pilkada, pihaknya juga akan melayangkan surat ke pihak kecamatan dan nagori terkait pengawasan yang akan dilakukan.

“Sebelum hari H pelaksanaan pilkada kami juga akan melayangkan surat pemberitahuan kepada Camat dan Pangulu terkait kegiatan ini, dan pastinya mereka harus menerima niat baik kami ini,”

katanya. Oleh karena itu selama pengawasan setiap kader akan memakai atribut PP Simalungun di lapangan.

Dalam kesempatan itu Namda didampingi Wakil Ketua Marat Napitu, Sekretaris Sanju MJ Sidabutar, Bendahara Sahman Saragih.

“Bagi mereka yang memang sengaja akan menciptakan kecurangan pada pesta demokrasi nanti pasti tidak suka dengan apa yang kami lakukan ini, namun ini adalah tugas dan hak setiap warga negara Indonesia termasuk kami, suka atau tidak mereka harus terima,” tegas Nanda. (*)

Reporter:

Syamhadi purba

Editor:

Pristi Hasugian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here