1 Desember 2021

Perjanjian Kerjasama Dua Aset Pemko dengan Sistem BOT Berakhir, Hotel Soechi dan Medan Mal Disewakan

MEDAN–RENTAKNEWS.COM: Dua aset Pemerintah Kota (Pemko) Medan yang telah habis masa kontraknya yakni Medan Mal dan Hotel Soechi sudah diambil alih kembali oleh Pemko Medan.

Meskipun perjanjian kerjasama dengan mekanisme Build Operate Transfer atau BOT keduanya sama-sama berakhir di 2020, status keduanya saat ini berbeda.

Hotel Soechi yang masa kerjasamanya sudah berakhir pada 30 Juli 2020 lalu, hingga kini belum ada pengalihan pengelolaan atau aktivitas tertentu. Dengan kata lain, Hotel Soechi kini menjadi gedung kosong. Sementara untuk Medan Mal yang baru habis 12 November 2020 lalu dilanjutkan dengan sistem sewa selama empat bulan.

Kepala Bidang Aset Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Medan, Sumiadi mengatakan kedua aset Pemko Medan ini tengah dalam proses penilaian harga sewa oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

“Saat ini sedang proses penilaian harga sewa oleh KPKNL. Untuk Medan Mall kita perpanjang dengan sistem sewa, sementara Hotel Soechi kita belum menemukan pihak ketiga untuk mengajukan sewa,” kata Sumiadi, Senin (14/12/2020).

Sumiadi mengatakan pihaknya tidak akan melanjutkan sistem perjanjian dengan mekanisme BOT dikarenakan waktu kontrak yang terlalu lama yakni 25 tahun. Sementara untuk sistem sewa yang rencananya akan diberlakukan adalah perjanjian kontrak selama lima tahun.

“Kalau untuk sewanya nanti per lima tahun,” kata Sumiadi.

Dikatakan Sumiadi, untuk pihak ketiga yang akan mengajukan kerjasama penggunaan dua aset ini tidak tertutup kemungkinan untuk seluruh pihak ketiga termasuk PT Trias Sumatra Corporation sebagai Pengelola Hotel Soechi dan PT Brahma Debang Kencana yang merupakan pengelola Medan Mal.

“Siapapun nantinya, berhak untuk mengajukan diri sebagai penyewa Hotel Soechi dan Medan Mall, namun tentunya pihak Pemko Medan akan menyeleksinya secara ketat. Tak hanya dari nilai sewa, tetapi juga dari penawaran para penyewa dalam memperbaiki sejumlah kondisi yang mungkin butuh perbaikan atau perawatan di kedua aset itu,” jelas Sumiadi.

Sumiadi menuturkan mengenai penyewaan dua aset ini kepada pihak ketiga akan dilakukan pada 2021.

“Sembari menunggu 2021 penggunaan Medan Mall kita perpanjang karena juga melihat track record pembayarannya bagus selama BOT. Kalau Hotel Soechi memang pengelola tidak ada kemauan untuk memperpanjang kerjasama,” jelas Sumiadi. (*)

Sumber:
tribunnews.com
Editor:
Dewani N Dalimunthe

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram