9 Desember 2021

Staycation Dirumah Menjadi Pilihan Liburan Akhir Tahun

JAKARTA–RENTAKNEWS.COM: Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito meminta masyarakat untuk staycation di rumah selama masa libur panjang Natal dan akhir tahun 2020 mendatang. Menurut Wiku, imbauan ini cukup beralasan karena dari pengalaman libur panjang sebelumnya, peningkatan jumlah kasus terkonfirmasi positif terjadi sekitar dua pekan setelah libur panjang.

“Setiap periode libur panjang berlangsung, panen kasus pasti akan terjadi pada 10 – 14 hari setelah libur,” ujar Wiku dalam pernyataannya seperti dikutip pada laman resmi Satgas Covid-19, beberapa waktu lalu.

Selain itu, Wiku juga menyarankan untuk mengantisipasi kenaikan kasus infeksi kepada seluruh Kepala Daerah untuk mengoptimalisasi penegakkan disiplin terhadap protokol kesehatan.

“Pemerintah daerah harus berani dan tegas membubarkan kerumunan dan melakukan amplifikasi kampanye 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Masyarakat harus mengerti bahwa di masa pandemi ini, aplikasi 3M merupakan kewajiban dan bukan pilihan,” jelas Wiku.

Masyarakat juga diminta untuk bijaksana dan sadar meminimalisasi mobilitas. Dari hasil temuan Yilmazkuday tahun 2020, meminimalisir kunjungan ke area publik sebesar satu persen, sudah dapat mengurangi puluhan kasus dan kematian Covid-19 per minggu.

“Temuan ini harusnya dapat memotivasi masyarakat untuk mengambil pilihan bijak yaitu tinggal di rumah dan menghindari keramaian. Meskipun sulit, tetapi ini bertujuan untuk melindungi diri sendiri dan utamanya orang-orang terdekat dari kasus Covid-19,” kata Wiku.

Beberapa alternatif kegiatan lain yang dapat dipilih dalam mengisi masa libur panjang akhir tahun bisa melakukan virtual tour ke tempat-tempat wisata bersama keluarga.

“Dalam pelaksanaan kegiatan ini saya tetap ingatkan kepada masyarakat untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan,” tutur Wiku.(*)

Sumber:
suara.com
Editor:
Pristi H Hasugian

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram