JAKARTA—RENTAKNEWS.COM: Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyebut telah melakukan pemeriksaan sebanyak 20 orang terkait penembakan anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek KM 50.

IKLAN

“Total sudah ada 20 orang saksi yang telah kami periksa dalam peristiwa tersebut,” kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam saat melalui pesan singkat, Rabu (16/12/2020).

Choirul menjelaskan, 20 orang saksi tersebut berasal dari berbagai pihak. Saksi masyarakat yang berada di lokasi, pihak kepolisian dan pihak Front Pembela Islam (FPI). Salah satu saksi yakni Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran diperiksa pada Senin (14/12/2020).
“Banyak pihak yang kami periksa. Kepolsian, FPI, dan masyarakat,” jelasnya.

Diketahui, Komnas HAM sedang menyelidiki peristiwa yang menewaskan enam anggota laskar pengawal pemimpin FPI Rizieq Shihab tersebut. Keenamnya tewas ditembak karena diduga menyerang polisi, Senin (07/12/2020).

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian Djajadi sebelumnya mengungkapkan saat ini pihaknya masih melakukan penyidikan dengan mengumpulkan sejumlah bukti terkait penembakan enam anggota FPI beberapa waktu lalu.

Menurut Andi, pihaknya akan berupaya mengumpulkan semua bukti mulai dari keterangan saksi dan laporan masyarakat. Tak terkecuali juga memungkinkan untuk meminta bukti dari temuan Komnas HAM guna membantu kerja kepolisian.

“Proses penyidikan masih berjalan bukti apapun yang bisa membuat terang peristiwa tersebut tentu sangat diharapkan,” kata Andi.(*)

Sumber:
Waspada.co.id
Editor:
Dewani N Dalimunthe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here