9 Desember 2021

10 Tahun di Penampungan, Imigran di Medan Demo Kantor UNHCR

MEDAN—RENTAKNEWS.COM: Puluhan imigran dari berbagai negara mendatangi kantor United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) di Jalan Imam Bonjol, Medan, Sumatera Utara, Jumat (18/12/2020).
Mereka juga mendesak UNHCR agar memberangkatkan mereka ke negara tujuan seperti Amerika, Kanada, Australia, dan New Zealand.

Koordinator aksi Muhammad, mengatakan mereka sudah cukup lama tinggal di penampungan, sekitar 10 tahun ada juga yang 8 tahun.
“Selama ini sudah ada 13 orang bunuh diri di beberapa kota di Indonesia, di Medan satu orang. Dan itu belum jelas apakah bunuh diri atau tidak, karena waktu itu dia dibawa imigrasi ke Belawan. Setelah dua hari dia di situ, ditemukan tergantung di jendela, tapi jendelanya tidak tinggi kali. Selanjutnya adalah proses, kenapa orang-orang di sini bunuh diri, karena proses di sini tidak ada, khususnya dari dua tahun lalu sampai sekarang satupun tidak ada yang berangkat,” kata Muhammad.


Lebih lanjut, Muhammad meminta agar organisasi PBB itu memperhatikan nasib mereka yang sudah 10 tahun tinggal di penampungan.
“Kami sudah ada 8 orang sakit jiwa, karena sudah lama di sini, tidak boleh kerja, tidak boleh belajar, tidak boleh ke luar kota, ini yang membuat depresi yang akhirnya bunuh diri atau bunuh yang lain,” kata Muhammad.


Selain itu, mereka juga berharap kepada UNHCR dan International Organization for Migration (IOM) mengkordinasikan dengan empat negara yang biasa mengambil pengungsi di Indonesia.


“Pengungsi di Indonesia total 14 ribu orang, untuk di Medan 1.500 orang. Namun selama dua tahun ini tidak ada orang yang berangkat,” kata Muhammad. (*)


Sumber:
Waspada.co.id
Editor:
Dewani N Dalimunthe

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram