2 Desember 2021

Libur Akhir Tahun, Jasa Marga Siap Layani Pengguna Tol di Sumut

JAKARTA—RENTAKNEWS.COM: Regional Jasamarga Nusantara Tollroad (JNT), sebagai bagian dari Jasa Marga Grup, berkomitmen memberikan pelayanan optimal untuk pengguna ruas tol di Sumatera Utara (Sumut) yakni Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) dan Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) sepanjang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Keberadaan seluruh armada layanan lalu lintas pun kami monitoring melalui pemasangan unit GPS, dan khusus untuk ruas tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, kami juga telah memasang 4 unit Smart CCTV yang berfungsi sebagai monitoring jumlah kendaraan secara real time,” ujar Division Head JNT Teddy Rosady di Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Teddy mengatakan bahwa dalam hal pelayanan lalu lintas, di jalan Tol Belmera dan MKTT, sebanyak 7 armada Customer Service Mobile, 3 armada ambulans, 7 armada derek, 2 armada rescue dan 5 armada Patroli Jalan Raya disiagakan selama 24 jam. Selain itu, di sepanjang ruas tol juga dioperasikan 254 unit Close Circuit Television (CCTV) untuk memonitor kondisi lalu lintas dan 31 unit Variable Message Sign (VMS) sebagai papan informasi elektronik secara real time.

Upaya-upaya mengantisipasi lonjakan kenaikan volume kendaraan juga sudah disiapkan. Sebagaimana diprediksikan bahwa lonjakan volume kendaraan pada ruas tol ruas tol Belmera terjadi pada tanggal 23 Desember 2020 sebanyak 78.797 kendaraan dan pada tanggal 2 Januari 2020 sebanyak 77.653 kendaraan. Sedangkan untuk ruas tol MKTT lonjakan diperkirakan terjadi pada tanggal 24 Desember 2020 sebanyak 25.069 kendaraan dan tanggal 3 Januari 2021 sebanyak 29.933 kendaraan.

Di tengah pandemi Covid-19, JNT memastikan pelaksanaan kegiatan operasi Jalan Tol sesuai dengan ketentuan Surat Edaran Kementerian PUPR Nomor: 07/SE/M/2020 tanggal 2 April 2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan dan Penanggulangan Covid-19 di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Jalan Tol serta Transaksi di Gerbang Tol.

Mengacu dari Surat Edaran tersebut, JNT menyiapkan dan melaksanakan protokoler pencegahan penyebaran Covid-19 diantaranya dengan penyediaan Alat Pelindung Diri (APD), pengecekan suhu tubuh petugas operasional, dan penyemprotan disinfektan di gerbang dan gardu termasuk peralatan operasi secara berkala.

Keberadaan dan kesiapan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP)/rest area di sepanjang ruas Jalan Tol juga mendapat perhatian untuk dioptimalkan. JNT memastikan rest area yang berada di Km 65A dan Km 65B di ruas tol MKTT siap melayani pengguna jalan selama libur Natal dan Tahun Baru.

Teddy Rosady menjelaskan bahwa dalam upaya pencegahan penularan dan penanggulangan Covid-19, di rest area dlakukan pembersihan dan penyemprotan dengan cairan disinfektan secara berkala, serta pemberlakukan beberapa pengaturan diantaranya screening suhu, wajib masker bagi pengunjung dan petugas, serta penambahan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer.

“Kapasitas parkir kendaraan akan kami batasi maksimal 50 persen saja termasuk himbauan durasi waktu parkir di rest area maksimal 30 menit, serta pemberlakuan parking distancing dan akan terus kami monitoring baik melalui petugas yang piket atau pun melalui kamera CCTV,” kata Teddy. (*)

Sumber:
antaranews.com
Editor:
Dewani N Dalimunthe

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram