9 Desember 2021

Dr. H. Usman Jakfar, Lc. MA Terpilih Menjadi Ketua DPW PKS Sumut

MEDAN—RENTAKNEWS.COM: Musyawarah Wilayah (Muswil) V  Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumatera Utara (Sumut) menetapkan Dr. H. Usman Jakfar, Lc, MA sebagai Ketua DPW PKS Sumut. Muswil V DPW PKS Sumut digelar di Kantor DPW PKS Sumut Jalan Kenanga Raya, Medan, Ahad (27/12/2020).

Dr. H. Usman Jakfar, Lc, MA

Muswil ini dilaksanakan bersamaan secara virtual dengan DPW PKS seluruh Indonesia. Muswil dihadiri secara terbatas oleh para Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah (DPTW) Sumut. Muswil PKS se-Indonesia diselenggarakan sebagai lanjutan Musyawarah Nasional beberapa waktu lalu dan akan dilanjutkan dengan Musyawarah Daerah (Musda) yang juga akan dilakukan serentak secara virtual dalam waktu dekat ini. Munas, Muswil dan Musda merupakan bagian dalam rangka perputaran roda partai guna menghasilkan kader-kader baru untuk memimpin partai ke depan.

Muswil V DPW PKS Sumut ini  juga menetapan penguus baru diantaranya Drs. Misno Adisyah Putra (Sekretaris Umum), Dhiyaul Hayati, M.Pd (Bendahara Umum), H. Hamzah Sagimun, Lc (Ketua Bidang Kaderisasi), H. Salman Alfarisi, Lc, MA (Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah MPW), Cecep Wiwaha (Sekretaris MPW), Dr. H. Hariyanto, Lc, MA (Ketua Dewan Syariah Wilayah (DSW) dan Nur Azizah Tambunan, SS (Sekretaris DSW).

Dalam pidatonya menyambut pengurus terpilih,  Presiden PKS Ahmad Shaiku menyampaikan agar pengurus terpilih mempunyai tiga kapasitas yaitu pertama harus mempunyai akseptabilitas, kedua harus mempunyai kapabilitas dan ketiga harus mempunyai integritas.

Ahmad Shaiku yang akrab disapa Ustad Asyik mengingatkan agar pengurus terpilih dalam menjalankan roda organisasi harus berpegang kepada amanah Munas V dan dapat mengimplementasikannya dalam  kerja-kerja di daerah masing-masing dan tidak boleh lepas dari local wisdom (kearifan lokal).

Dalam kesempatan itu Presiden PKS menginstruksikan kepada seluruh jajaran terpilih agar memperkuat pertahanan pemikiran, keluarga, kesehatan, ekonomi dan spiritual. “Aspek-aspek ini sangat penting karena kita butuh kecepatan dan ketahanan atau speed and endurance,” katamya.

Dr. H. Usman Jakfar, Lc, MA tercatat pernah mengajar di Universitas Madinah International Malaysia. Kemudian diangkat menjadi Ketua Jurusan Dakwah dan Usuluddin. Selanjutnya diamanahkan menjadi Wakil Dekan dan kemudian menjadi Dekan di Fakultas Studi Islam. Jabatan terakhir sebagai Direktur Madinah Centre for Islamic Studies di universitas yang sama.

Pada masa yang sama pula, alumni Al Qismul Ali Al-Wahsliyah ini aktif berdakwah di kawasan Asia Pasifik, di antaranya Thailand, Brunei dan Australia.

Sementara itu Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboebakar Al-Habsyi mengatakan, pimpinan dan pengurus tingkat wilayah PKS yang baru harus fokus pada dua hal yang juga merupakan bagian dari hasil Munas PKS lalu. Yakni menambah jumlah kader PKS secara signifikan dan menambah perolehan kursi di parlemen sebanyak-banyaknya.

“Oleh karenanya, kerja para pengurus harus fokus pada dua hal tersebut. Kader nambah, elektoral menang,” kata Habib Aboebakar dalam sambutannya di acara itu.

Habib Aboebakar menegaskan, pengurus wilayah memerlukan komitmen yang tinggi dan harus siap bekerja maksimal, bisa mencurahkan waktu dan konsentrasi untuk membesarkan PKS ke depan.

“Saya yakin kader sekalian mempunya kapasitas yang mumpuni, Insya Allah,” ujarnya.

Lebih lanjut Habib Aboebakar meminta agar pimpinan dan pengurus tingkat wilayah PKS untuk tidak terlena selama mengemban amanah dan tidak mengabaikan kesempatan emas ini untuk berkiprah secara maksimal dalam kepemimpinan wilayah PKS.

Di akhir kesempatan tersebut, Anggota DPR RI dari Fraksi PKS yang juga Anggota Komisi III DPR RI ini mengucapkan selamat bekerja kepada seluruh pengurus dan pimpinan tingkat wilayah PKS yang baru.

“Selamat menjalankan tugas, dan tetap jaga kesehatan, jaga kekompakan, terus kobarkan semangat kita semua, insya Allah kita akan mendapatkan rahmat dan ridha Allah SWT,” pungkasnya. (*)

Reporter:

Abdul Aziz

Editor:

Harun AR

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram