7 Desember 2021

Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkab Asahan Jalin Kerjasama Dengan UNA

ASAHAN –RENTAKNEWS.COM: Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pemkab Asahan menjalin kerjasama dengan Universitas Asahan (UNA). Penandatangan MOU tersebut dilakukan Bupati Asahan H. Surya, BSc dan Plt. Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, MSi di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Selasa (29/12/2020). Hadir dalam kesempatan itu antara lain Ketua Yayasan Universitas Asahan Drs. Mapilindo, MPd dan  unsur pengurus, para Asisten Setdakab Asahan, OPD, dan para Camat.

Dalam sambutannya, Bupati Asahan H. Surya, BSc  mengatakan sesuai dengan UU No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menjelaskan  setiap Pemerintah Daerah memiliki kewenangan untuk melakukan kerjasama  dengan pihak lain termasuk perguruan tinggi dengan cara yang efektif dan efisien demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 “Kami menyambut baik nota kesepakatan dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, penyelenggaraan pemerintahan yang baik, kajian, riset  dan pengabdian pada masyarakat, ini juga untuk meningkatkan SDM di Kabupaten Asahan  sebagai upaya mewujudkan visi Presiden RI yakni SDM unggul Indonesia Maju,” ungkapnya.

Kerjasama yang ditandatangani pada hari ini juga dimaksudkan untuk mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Asahan dalam membangun masyarakat Asahan yang cerdas.

 “Namun kami akui masih ada beberapa aspek pembangunan yang masih perlu untuk ditingkatkan, dalam upaya kami mewujudkan visi kabupaten Asahan  yakni mewujudkan Asahan  Cerdas, salah satu untuk mewujudkannya adalah melalui kerjasama dengan pihak Universitas Asahan yang kita laksanakan pada saat ini,” akunya.

 Untuk itu, setelah ditandatanganinya nota kesepakatan bersama ini, pada kesempatan ini juga akan dilanjutkan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya di Kabupaten Asahan antara lain Dinas PUPR, Perkim, Kominfo, Pertanian, Perikanan, Ketapang, Koperasi Perindustrian Perdagangan dan PP, Pemdes, BKD, Disporapar dan Badan Pusat Statistik,  Ia berharap, nota kesepakatan bersama yang telah ditanda tangani dan akan ditindak lanjuti kerjasama dapat menjadi triger dan pilot project yang outputnya diharapkan memiliki daya ungkit dan pengaruh yang signifikan terhadap perubahan positif pembangunan yang ada di Kabupaten Asahan.

 “Kami berharap dukungan dari Rektor Universitas Asahan  beserta jajaran, baik berupa pemikiran maupun melalui kajian-kajian akademis serta kegiatan pendampingan lainnya dalam upaya kami mewujudkan cita-cita besar, mewujudkan Kabupaten Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri,” katanya.

Sementara itu, Plt. Rektor Universitas Asahan Prof. Dr. Tri Harsono, MSi menyambut baik penandatangan kerjasama itu. Diharapkan dengan kerjasama ini , Pemkab Asahan dan UNA dapat  bersinergi dalam meningkatkan kinerja kelembagaan melalui peningkatan kualitas SDM Pemkab Asahan demi mewujudkan visi misi Kabupaten Asahan.

Pada kesempatan itu, Ketua Yayasan Universitas Asahan Drs. Mapilindo, MPd menyampaikan harapannya agar keberadaan Universitas Asahan ini  harus benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Asahan dan sekitarnya.

“Mari kita manfaatkan UNA ini sebagai tempat untuk menimba Ilmu S1 maupun S2 karena UNA sekarang sudah bisa disejajarkan dengan beberapa universitas di Sumatera Utara. Universitas Asahan juga sudah menyiapkan planning selama dua hingga tiga tahun ke depan. UNA juga sudah harus memiliki tenaga pengajar pada tingkat doktoral paling sedikit 30 orang atau bahkan lebih” ucapnya.

Mapilindo juga menyampaikan harapannya  dalam mewujudkan UNA menjadi Universitas Negeri agar  Pemkab Asahan dibawah kepemimpinan H. Surya dapat menyiapkan lahan yang lebih luas untuk Universitas Asahan karena hal ini merupakan salah satu syarat untuk menjadikan Universitas Asahan menjadi Universitas Negeri disamping syarat-syarat lain. (*)

Reporter:

M Achyar

Editor:

Dewani N Dalimunthe

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram