Seekor Burung Rajawali

272
search by google

Rentaknews, Burung rajawali merupakan simbol supremasi, motivator besar dalam menghadapi tantangan,  memiliki sayap dengan bulu pelepah, hewan predator ini memiliki karakteristik yang berbeda dari hewan lain.

IKLAN

Sejak bayi rajawali harus menempuh ujian berat. Pada saat bertelur sang induk menaruh telurnya bersarang  di atas pohon yang tinggi atau di bebatuan tebing bukit.

Seekor rajawali bisa mencapai usia hidup 70 tahun, namun untuk mencapai usia tersebut, seekor rajawali harus melakukan satu perubahan hidup yang sangat menyakitkan pada usia 40 tahun.

Seekor rajawali dewasa harus memilih sebuah pilihan sulit yang harus diambil berubah atau mati. Fase perubahan ini terjadi dalam waktu yang cukup lama, itu sangat menyakitkan serta cukup lama dapat mencapai 150 hari.

Ketika memilih untuk berubah demi kelangsungan hidupnya, ia akan terbang ke puncak gunung yang tinggi. Dicarinya batu yang keras, disana dia akan mematuk-matukkan paruhnya sampai menyentuh dadanya, itu dilakukannya sangat menyakitkan agar patah.

Nantinya akan tumbuh kembali paruh yang baru. Setelah tumbuh paruh yang baru, rajawali memotong kuku-kuku kakinya yang sudah kaku dan bengkok. Hal itu bisa menyebabkan dia kesulitan untuk mencengkeram mangsanya.

Fase ini pun juga cukup lama dan bisa menyakitkan bagi rajawali. Setelah kuku-kukunya yang baru sudah tumbuh, rajawali mencabuti bulu-bulu sayapnya yang sudah terlalu panjang dan tebal di usianya kini.

Kondisi itu membuat rajawali kesulitan untuk terbang. Dan pada saat inilah seekor rajawali harus menentukan pilihan untuk melewati transformasi yang menyakitkan itu atau melewati sisa hidup yang tidak menyakitkan namun singkat menuju kematian.

Padahal seekor rajawali juga dikenal dengan kecepatannya ketika dia menukik menangkap mangsanya. Setelah 150 hari proses perubahan hidup seekor rajawali, ia hadir kembali rajawali yang baru dengan kondisi tubuhnya yang prima, selain itu seekor rajawali ini bisa melanjutkan hidupnya sampai usia 30 tahun lagi.

Tidak jauh berbeda dengan kehidupan manusia. Ada saatnya seseorang harus memilih apakah dia mau berubah atau tetap saja seperti dirinya yang sudah tua yang sudah kurang bermanfaat lagi. Jika dia mau menjadi semakin bermanfaat dan bisa meraih banyak kesuksesan, maka pilihan yang harus diambil adalah berubah.

Bagaimanakah dengan kehidupan kita saat ini? Apakah sedang berubah? Atau sedang menantikan suatu perubahan? Hidup manusia yang singkat tak pernah lepas dari masalah, kecuali kembali ke ajaran-Nya, hingga terlepas bebas dari himpitan masalah.

Seekor rajawali dapat hidup sampai 70 tahun, namun dalam usia 40 tahun, ia harus memutuskan mau melanjutkan hidupnya atau berakhir di usia itu. Rajawali tangguh berani menerima tantangan. (TI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here