9 Desember 2021

Ini Tujuh Program Kerja Hasim Purba

SIPIROK—RENTAKNEWS.COM: Sosok Prof. Dr. H. Hasim Purba, S.H., M.Hum. memang sangat populer di kalangan alumni HMI di Sumatera Utara, khususnya di Medan.  Interaksi paling efektif beliau dengan anggota KAHMI adalah rutinitas beliau mengikuti kegiatan rutin KAHMI Forever Jalan Sehat (KFJS) yang rutin digelar setiap Minggu pagi.

Beberapa kali Prof. Hasim bertindak sebagai tuan rumah. KFJS ini diikuti Alumni HMI lintas generasi, dari yang paling senior sampai yang junior. Selain berolahraga jalan pagi, KFJS lebih mengambil manfaat silaturrahim sesama alumni HMI. Lewat KFJS inilah rasa kekeluargaan antar sesama alumni terjalin sangat baik.

Maka ketika Prof. Hasim menyampaikan niatnya memimpin MW KAHMI Sumut, maka dukungan mengalir begitu deras. Kapabilitas Prof. Hasim Purba memang tak diragukan lagi. Sukses memimpin MD KAHMI Medan adalah modal besar bagi Guru Besar Fakultas Hukum USU ini untuk memimpin MW KAHMI Sumut.

Adalah sesuatu yang spektakuler ketika memperingati Milad ke-53 KAHMI tahun lalu, MD KAHMI Medan menggelar berbagai kegiatan yang menggugah semangat berKAHMI seperti Dialog Interakti yang Menghadirkan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Diskusi Buku Karya Alumni diantaranya buku karya tokoh alumni Abdullah Hehamahua, Peluncuran Buku Karya Alumni HMI yang dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Sumut ibu Nawal Lubis, Pameran dan Donasi Buku Alumni HMI, Pameran dan Lomba Foto sejarah HMI, Bakti Sosial dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis,  Jalan Sehat Massal, Bazaar dan Donor Darah.

Dari berbagai rangkaian acara yang berlangsung sukses tersebut, Prof. Hasim melihat potensi tersembunyi alumni HMI yang selama ini tidak digerakkan dan diakomodir. “Untuk itu kita ingin potensi alumni dari berbagai bidang profesi ini akan kita sinergikan agar dapat memberi manfaat baik kepada alumni dan keluarganya, maupun kepada masyarakat banyak,” kata Prof. Hasim ketika itu.

Itulah sebabnya dalam mencalonkan diri menjadi Ketua MW KAHMI Sumut, Prof. Hasim merumuskan visi “Merajut Potensi Alumni guna mewujudkan kemasylahatan untuk Alumni  dan Keluarga, HMI dan Ummat serta masyarakat Sumatera Utara. Visi ini dipertajam dengan empat misi yaitu (1) Mensinergikan keunggulan potensi masing-masing individual alumni untuk menjadi kekuatan nyata yang berkualitas dan efektif. (2) Menyediakan akses yang kredibel untuk meningkatkan pendidikan, kesehatan, ekonomi dan kualitas insan cita HMI dalam rangka turut mewujudkan kesejahteraan alumni dan keluarganya, HMI dan Ummat serta masyarakat Sumut. (3) Melakukan kemitraan strategis bersama stakeholders dalam mewujudkan pemberdayaan pendidikan, kesehatan dan ekonomi dengan prinsip saling menguntungkan. (4) Menciptakan iklim ukhuwah Islamiah antar sesama alumni yang mampu mendukung perwujudan visi dan misi MW KAHMI Sumut.

Visi dan Misi ini akan diwujudkan dalam tujuh program kerja unggulan yaitu:

  1. Insan Cita Business Center (ICBC)  untuk meningkatkan perekonomian dan menguatkan potensi KAHMI sesuai keunggulan daerah masing-masing.
  2. Insan Cita Educational Center (ICEC) dengan memfasilitasi pendirian lembaga pendidikan dengan mitra strategisnya.
  3. Insan Cita Health Center (ICHC) dengan memfasilitasi pelayanan kesehatan dengan mitra strategis lainnya.
  4. Insan Cita Agricultural Center (ICAC) dengan mengembangkan potensi pertanian dan perkebunan di daerah melalui penguatan MD KAHMI setempat untuk kesejahteraan bersama.
  5. Insan Cita Public Services (ICPS) dengan memfasilitasi jasa pelayanan bidang hukum, psikologi dan keuangan bersama KAHMI Daerah untuk umat.
  6. Insan Cita Task Force Center (ICTFC) dengan membentuk satuan tugas KAHMI dalam penanggulangan bencana dan aksi sosial untuk alumni dan umat.
  7. Insan Cita Training Center (ICTC) dengan memfasilitasi pelatihan khusus bagi anggota HMI di bidang entrepreneur, media, jasa, dan teknologi.

Prof. Hasim Purba, lahir di Parbutaran, tanggal 3 3 Maret 1966 saat ini bertempat tinggal di Jalan  Tri Dharma No. 38, Kampus USU Medan. Prof. Hasim Purba adalah Guru Besar Fakultas Hukum USU Medan dan menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum Universitas Harapan Medan.

Pendidikan Dasar dijalaninya di SD Alwashliyah Parbutaran, (lulus 1979) , SMPN di Huta Bayu, (lulus 1982), SMAN 3 di Pematangsiantar, (lulus 1985), S1 di Fakultas Hukum USU, (lulus 1991), S2 di PPS USU (lulus 2001) S3 di Prodi Doktor Ilmu Hukum USU  (lulus 2010).  Pengukuhan Guru Besar pada tahun 2015,

Sebagai kader HMI, Prof. Hasim Purba menjalani prekaderan, dimulai Maperca (1986). Basic Training (1988), dan Intermediate Training (1989).

Prof. Hasim Purba menikah dengan sesama aktifis KOHATI Dra. Hj. Yunita Sari Hasibuan, MSP dan dikarunia lima orang anak yaitu (1) M. Hadyan Yunhas Purba, SH, MH (dosen di FH USU), (2) dr. Siti Hasnita Oktavia Purba (Intensif RSUD Lubuk Pakam), (3)  Rizki Hasnita Rahmadhani Purba (Mahasiswi FK USU), (4) Nabilah Rahmah Hasnita Purba (Siswi MAN Insan Cendekia Serpong), (5) M. Akbar Yunhas Purba (Siswa MIN Medan). (*)

Reporter:

Elvie Hadriani

Editor:

Harun AR

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram