9 Desember 2021

Bermuhasabah

search.google.com

search.google.com

Rentaknews.com. Sesungguhnya dalam terminologi syari, pengertian muhasabah adalah sebuah upaya evaluasi diri terhadap kebaikan dan keburukan dalam semua aspeknya.

Muhasabah berasal dari akar kata hasiba yahsabu hisab, yang artinya secara etimologis adalah melakukan perhitungan.

Allah SAW berfirman :
“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”
(QS.Al-Hasyr (59):18).

Sesungguhnya hidup adalah sebuah perjalanan, perjalanan panjang menuju kampung halaman. Perjalanan manusia kembali kepada Sang Pencipta. Dalam perjalanan itu akan dilalui dengan proses yang cukup panjang serta penuh liku-liku, sampai kepada hari dimana manusia akan menikmati indahnya kembali kekampung halaman, kesurganya Allah karena amal shalehnya.

Sebaliknya juga ada manusia yang akan merasakan azab yang teramat pedih karena amal buruknya. Perjalanan itu tidak mudah semakin lama semakin berat, semakin banyak rintangan, semakin besar ujian, kecuali kasih sayang Alllah kepada hamba-Nya.

Pada hari perhitungan itu semua amalan manusia akan dihisab ( dihitung ) dan akan dipertanggung jawabkan.

Firman Allah SWT :
“Sesungguhnya kepada Kami-lah kembali mereka, kemudian sesungguhnya kewajiban Kami-lah menghisab mereka.”(QS. Al-Ghashiyah 88:25-26)

Maka hendaknya setiap Muslim yang mementingkan keselamatan dirinya benar-benar memberikan perhatian besar dalam mempersiapkan diri dan mengumpulkan bekal untuk menghadapi hari yang kekal abadi ini.

Sabda Rasulullah SAW :
Dari Ibnu Umar Radhiyallahu anhuma, ia berkata, “Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam memegang kedua pundakku, lalu bersabda, ‘Jadilah engkau di dunia ini seakan-akan sebagai orang asing atau seorang musafir’ [dan persiapkan dirimu termasuk orang yang akan menjadi penghuni kubur (pasti akan mati)].”
(HR Bukhâri, at-Tirmidzi, no. 2333)

Sesungguhnya pada hakikatnya, hari inilah masa depan bagi manusia yang sebenarnya. Kedatangan hari tersebut sangat cepat seiring dengan cepat berlalunya usia manusia.

Allah SWT berfirman:
“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”
(QS Al-Hasyr 59:18)

Umar bin Khattab Radhiyallahu anhu yang telah mengingatkan hal ini dalam ucapannya yang terkenal: “Hisablah (introspeksilah) dirimu saat ini, sebelum kamu dihisab (diperiksa/dihitung amal perbuatanmu pada hari kiamat). Timbanglah dirimu saat ini, sebelum amal perbuatanmu ditimbang (pada hari kiamat), karena sesungguhnya akan mudah bagimu menghadapi hari kiamat jika kamu mengintrospeksi dirimu saat ini; dan hiasilah dirimu dengan amal shaleh untuk menghadapi hari yang besar ketika manusia dihadapkan kepada Allah Azza wa Jalla .

Allah Azza wa Jalla berfirman :
“Pada hari itu kamu dihadapkan (kepada Allah), tiada sesuatupun dari keadaanmu yang tersembunyi (bagi-Nya)”
(QS Al-Hâqqah 69:18)

Senada dengan ucapan di atas, Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu anhu berkata: “Sesungguhnya dunia telah pergi meninggalkan kita, sedangkan akhirat telah datang menghampiri kita, dan masing-masing dari keduanya (dunia dan akhirat) memiliki pengagum, maka jadilah kamu orang yang mencintai akhirat dan janganlah kamu menjadi orang yang mengagumi dunia, karena sesungguhnya saat ini waktunya beramal dan tidak ada perhitungan, adapun besok di akhirat adalah saat perhitungan dan tidak ada waktu lagi untuk beramal.

Bersiaplah menghadapi hisab dihadapan-Nya dengan mempersiapkan bekal ilmu yang bermanfaat dan amal shalih yang cukup, memperbanyak mengingat hari perhitungan dan melihat kepada amalan yang telah kita perbuat.

Semoga Allah SWT memberikan Taufiq dan Hidayah-Nya kepada kita dalam memperbanyak bekal, yang nantinya dengan bekal tersebut kita menghadap sang Khaliq menjeput keridhaan-Nya. (TI)

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram